Berita Lahat

Pencuri Besi Rel KA Tersungkur, Usai Tusuk dan Kibaskan Sajam ke Anggota Polres Lahat

"Kedua pelaku ini terlibat kasus pencurian 20 September 2022 yang lalu. Keduanya mencuri besi rel kereta api yang ada di Desa Ulak Pandan

Penulis: Ehdi Amin | Editor: Yandi Triansyah
handout
Pelaku pencurian besi rel kereta api diamankan Polres Lahat, pelaku sempat melawan petugas saat hendak ditangkap, Kamis (29/9/2022) 

Laporan Wartawan Sripoku. com Ehdi Amin

SRIPOKU.COM, LAHAT - Pelaku pencurian rel kereta api di Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel) menusukkan dan mengibaskan senjata tajam kepada petugas yang hendak menangkapnya.

Akibat perlawanan yang dilakukan pelaku pencurian rel kereta api ini, Tim Opsnal Satreskrim Polres Lahat terpaksa mengambil tindakan tegas terhadap Mirwan (35) warga Desa Tanjung Pinang Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat.

Mirwan yang terlibat kasus pencurian bersama Sulaiman (36) warga Desa Payo, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat, dilumpuhkan dengan timah panas lantaran berusaha melawan saat akan ditangkap.

"Kedua pelaku ini terlibat kasus pencurian 20 September 2022 yang lalu. Keduanya mencuri besi rel kereta api yang ada di Desa Ulak Pandan Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat,"terang Kapolres Lahat, Eko Sumaryanto, SIK melalui Kasubsi Penmas Humas Polres Lahat, Aiptu Lispono, SH, Kamis (29/9/2022).

Saat sedang menjalankan aksinya, ada anggota Polsuspas sedang patroli di area Rel PT. KAI dan mempergoki pelaku sedang mengangkut besi rel yang sudah di potong sepanjang 1 Meter ke dalam mobil Suzuki carry warna merah.

Merasa aksinya diketahui, para pelaku kemudian melarikan diri namun meninggalkan barang bukti yang di tinggalkan oleh pelaku.

"Aksi pencurian ini dilaporkan dan dari laporan tersebut melakukan lidik mencari keberadaan para pelaku, " kata dia.

Setelah mendapatkan lokasi keberadaan pada pelaku, Rabu (28/9/2022) anggota bergerak melakukan penangkapan terhadap pelaku Sulaiman di Desa Payo, Kecamatan Merapi Barat, Lahat.

Kemudian anggota melakukan pengembangan dengan memburu pelaku Mirwan di rumahnya di Desa Tanjung Pinang, Kecamatan Merapi Barat, Lahat.

"Saat akan dibekuk pelaku Mirwan ini berusaha melakukan perlawanan dengan cara mengibaskan dan menusukkan senjata tajam ke arah petugas. Petugas kemudian melakukan tembakan peringatan sebanyak dua kali namun tersangka masih melakukan perlawanan,"tegasnya.

Melihat pelaku melawan dan membahayakan, petugas kemudian melakukan penembakan ke arah tersangka dan mengenai pinggang tembus ke perut.

Setelah berhasil dilumpuhkan pelaku kemudian di larikan ke rumah sakit Umum Lahat dan setelah mendapatkan perawatan medis tersangka di bawa ke Polres Lahat untuk di lakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Dari aksi kawanan ini PT KAI merugi hingga Rp54 juta. Sementara, untuk barang bukti yang diamankan satu unit mobil suzuki carry warna merah maron No. Pol. BG 1432 DQ, dua buah tabung oksigen, dua alat potong las, dua buah tabung gas 3 Kg 45 batang besi rel kereta api serta satu bilah senjata tajam jenis pisau,"terangnya. 

 

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved