Berita Musi Rawas

Hidup Rukun dan Saling Menghargai Antar Agama, Desa Bumi Rejo Musi Rawas Didaulat Jadi Desa Taruna

Bumi Rejo dideklarasikan sebagai Desa Taruna karena rukun dan saling menghargai antar tiga penganut agama berbeda, yaitu Islam, Kristen dan Katolik.

Penulis: Eko Mustiawan | Editor: Ahmad Farozi
eko mustiawan/sripoku.com
Desa Bumi Rejo Kecamatan Jayaloka Kabupaten Musi Rawas, dideklarasikan sebagai Desa Cinta Kerukunan (Desa Taruna). Deklarasi Desa Taruna dilakukan oleh masing-masing tokoh tiga agama, yaitu Islam, Kristen dan Katolik, Rabu (28/9/2022). 

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Desa Bumi Rejo Kecamatan Jayaloka Kabupaten Musi Rawas, Sumsel, ditetapkan sebagai Desa Cinta Kerukunan (Desa Taruna).

Bumi Rejo dideklarasikan sebagai desa Taruna karena dinilai mampu menjaga kerukunan dan saling menghargai antar tiga penganut agama berbeda. Yaitu Agama islam, katolik dan kristen.

Deklarasi Desa Taruna dilakukan oleh masing-masing tokoh tiga agama, Rabu (28/9/2022).

Antonius Turnip salah seorang tokoh agama kristen di Desa Bumi Rejo Kecamatan Jayaloka mengatakan, contoh kerukunan beragama antara lain terlihat saat perayaan hari besar masing-masing agama.

Dimana warga setempat tanpa sungkan saling mengunjungi saat perayaan hari besar masing-masing agama.

"Kami rukun, kami saling mengunjungi saat hari besar kami. Kemudian, kami juga saling membantu di hari besar kami. Jadi kerukunan di desa Bumi Rejo, sangat baik dan tidak pernah terjadi konflik antar warga," kata Antonius.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Musi Rawas, KH Misbahul Arifin mengatakan, deklarasi hari ini merupakan yang ke empat kalinya, untuk pelaksanaan Deklarasi Desa Cinta Kerukunan (Desa Taruna) di Kabupaten Musi Rawas.

Sebelumnya sudah ada tiga desa yang dideklarasi sebagai Desa Taruna. Yakni, Desa Bangun Rejo Kecamatan Sukakarya, Desa Mataram Kecamatan Tugumulyo dan Desa Tugu Sempurna Kecamatan Muara Kelingi.

"Berdasarkan SK Bupati Musi Rawas, Hj Ratna Machmud, ada lima desa yang bakal dideklarasi sebagai Desa Taruna. Yang terakhir adalah Desa Megang Sakti 5 Kecamatan Megang Sakti," kata KH Misbahul Arifin.

Dikatakan, dari empat desa yang sudah dideklarasikan sebagai Desa Taruna, ada satu desa yang memiliki lima keyakinan, yakni Desa Bangun Rejo Kecamatan Sukakarya.

"Kami berharap kerukunan di Kabupaten Musi Rawas tetap terjaga dengan baik, dan saling menghormati satu sama lain, sehingga terwujudnya kehidupan yang indah dan bahagia," ungkapnya.

Wakil Bupati Musi Rawas, Hj Suwarti mengatakan, Desa Taruna adalah Desa yang warganya terdiri dari beberapa agama, namun tetap cinta akan kerukunan umat beragama.

Menurutnya, toleransi antar umat beragama sangat penting untuk menciptakan suasana damai, toleran dan saling menghargai agar bisa hidup berdampingan, tanpa adanya rasa perbedaan satu sama lain.

Dikatakan, tujuan peresmian Desa Taruna ini sebagai penghargaan atas kerukunan antar agama yang terjalin dengan baik dan diharapkan bisa menjadi contoh bagi daerah lain.

"Saya berikan apresiasi kepada FKUB Kabupaten Mursi Rawas, yang terus memberikan sosialisasi untuk menjaga kerukunan," jelas Wabup.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved