Berita Olahraga

Berikut Aturan Pergantian Pemain Sepakbola Beserta Sejarahnya, Baru Muncul Pertengahan Abad ke-20

Ternyata aturan pergantian pemain muncul pada pertengahan abad ke-20 setelah sepak bola ditemukan di Inggris, pertengahan abad ke-19.

Penulis: Muhammad Naufal Falah | Editor: Odi Aria
PETER POWELL / POOL / AFP
Manajer Liverpool asal Jerman Jurgen Klopp (kanan) berbicara dengan penyerang Liverpool asal Senegal Sadio Mane (tengah) dan pemain tengah Liverpool asal Mesir Mohamed Salah (kiri) saat mereka bersiap untuk masuk sebagai pemain pengganti pada pertandingan sepak bola Grup D Liga Champions UEFA antara Liverpool dan Midtjylland di Anfield di Liverpool, Inggris barat laut pada 27 Oktober 2020. Berikut Aturan Pergantian Pemain beserta Sejarahnya, Baru Muncul Pertengahan Abad ke-20 

SRIPOKU.COM -- Permainan sepak bola memerlukan 11 orang dalam sebuah tim yang saling tanding pada sebuah laga plus beberapa pemain cadangan.

Ternyata aturan pergantian pemain muncul pada pertengahan abad ke-20 setelah sepak bola ditemukan di Inggris, pertengahan abad ke-19.

Berikut aturan pergantian pemain dalam sepak bola beserta sejarahnya.

Sepak bola berkembang bersama dengan aturan serta taktik dan strategi.

Termasuk di dalamnya, aturan pergantian pemain.

Baca juga: Jenis Pelanggaran beserta Hukuman yang Diberikan Wasit dalam Permainan Sepak Bola

Manajer Liverpool asal Jerman Jurgen Klopp (kanan) berbicara dengan penyerang Liverpool asal Senegal Sadio Mane (tengah) dan pemain tengah Liverpool asal Mesir Mohamed Salah (kiri) saat mereka bersiap untuk masuk sebagai pemain pengganti pada pertandingan sepak bola Grup D Liga Champions UEFA antara Liverpool dan Midtjylland di Anfield di Liverpool, Inggris barat laut pada 27 Oktober 2020.
Manajer Liverpool asal Jerman Jurgen Klopp (kanan) berbicara dengan penyerang Liverpool asal Senegal Sadio Mane (tengah) dan pemain tengah Liverpool asal Mesir Mohamed Salah (kiri) saat mereka bersiap untuk masuk sebagai pemain pengganti pada pertandingan sepak bola Grup D Liga Champions UEFA antara Liverpool dan Midtjylland di Anfield di Liverpool, Inggris barat laut pada 27 Oktober 2020. Berikut Aturan Pergantian Pemain beserta Sejarahnya, Baru Muncul Pertengahan Abad ke-20. (PETER POWELL / POOL / AFP)

Ramai tak mengetahui, pergantian pemain pada pertandingan resmi sudah terjadi pada kualifikasi Piala Dunia 1954 Swiss.

Mengutip Kompas.com, Senin (26/9/2022), laga pertama yang melaksanakan pergantian pemain adalah Jerman Barat (kini Jerman) vs wilayah federasi Saarland (kini sudah jadi bagian Jerman).

Melalui laman resmi Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA), aturan pergantian pemain dalam sepak bola baru diterapkan untuk kali pertama pada 1958 silam.

Saat itu, seorang pemain harus diganti jika seorang penjaga gawang atau pemain lain mengalami cedera serius.

Barulah aturan pergantian pemain diterapkan secara luas mulai Piala Dunia 1970 di Meksiko, mengutip laman BBC.

Baca juga: Berikut 2 Jenis Tendangan Bebas dalam Permainain Sepak Bola Beserta Syarat Terjadinya

Aturan Pergantian Pemain

Pada pertandingan sepak bola, pergantian pemain maksimal sebanyak tiga kali dalam sebuah pertandingan.

Regulasi itu mulai diterapkan pada 1995, setelah aturan sebelumnya yang diperkenalkan pada 1970 hanya membatasi pergantian pemain sebanyak dua orang.

Melansir dari Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB), terdapat sejumlah langkah dan ketentuan dalam melakukan pergantian pemain yaitu:

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved