Berita Pali

Belum Cukup Usia, Balita di PALI Idap Hidrosefalus, dr Zamir Alvi : Belum Bisa Dioperasi

Dinas Kesehatan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melakukan cek berkala terhadap kondisi seorang balita yang idap hidrosefalus

Penulis: Reigan Riangga | Editor: bodok
SRIPOKU.COM/cr2
Petugas Medis saat mendatangi rumah Adila di bilangan Talang Subur, Kelurahan Talang Ubi Selatan Kecamatan Talang Ubi. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Reigan

SRIPOKU.COM, PALI -  Dinas Kesehatan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melakukan cek berkala terhadap kondisi seorang balita yang idap hidrosefalus atau kondisi kepala yang membesar usai sebelumnya menerima laporan dari masyarakat.

"Setelah kami ketahui tentang kondisi sang anak, kami langsung menerjunkan sejumlah petugas untuk melihat dan melakukan sejumlah tindakan medis," ungkap Plt Kadinkes Pali dr Zamir Alvi, Minggu (25/9/2022).

Adila yang merupakan buah hati dari pasangan Mei Andri Yani dan Aan Saputra warga Talang Subur Kelurahan Talang Ubi Selatan Kecamatan Talang Ubi didiagnosa mengidap hidrocepalus.

Kadinkes Pali dr Zamir Alvi menerangkan, hydrocephalus merupakan menumpuknya cairan di dalam rongga jauh di dalam otak. Hal itu disebabkan ada yang menyumbat. 

"Oleh karena itu, kepalanya membesar. Diketahui kondisi yang dialami sang balita sejak dalam kandungan. Dugaan sementara karena kurangnya asupan gizi sehingga menyebabkan perkembangan bayi tidak sempurna," kata dr Zamir Alvi

Sementara ini, lanjut mantan Kepala Puskesmas Talang Ubi ini yang bisa dilakukan terhadap sang balita yaitu operasi.

Namun, di usianya sekarang yang belum menginjak tiga bulan, hal itu tidak bisa dilakukan. 

"Satu-satunya cara untuk mengatasinya yaitu dilakukan operasi. Hanya saja usia sang balita masih di bawah tiga bulan, jadi belum bisa diambil tindakan operasi. Namun, yang bisa dilakukan yaitu perawatan dan memantau perkembangan kondisi balita secara berkala," jelas dr Zamir Alvi

Untuk membantu keluarga korban ketika hendak diambil tindakan operasi, pihak Dinkes Pali kemudian sudah mendaftarkan sang balita pada program BPJS Kesehatan. 

"Kartu BPJS nya sudah aktif sejak lahiran kemarin. Kepada keluarga kami harap diberikan kesabaran dan kita berdoa agar ananda Adila bisa segera pulih dan sembuh," tandas dr Zamir Alvi. (cr2)

 

 

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved