Berita Palembang

IKADIN Palembang Sediakan Bantuan Hukum Gratis untuk Warga Kurang Mampu, Begini Syaratnya

Andri mengatakan nantinya bantuan hukum ini akan dimulai dengan melakukan sosialisasi bantuan hukum ke misalnya terjun langsung ke masyarakat.

Editor: Odi Aria
Tribunsumsel.com/Hartati
Ketua DPP IKADIN Sutrisno SH MHum melantik kepengurusan baru DPC IKADIN Palembang masa bakti 2022-2026 yang diketuai oleh Andri Macan. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Masih banyak masyarakat yang tidak paham hukum khususnya mereka dengan latar belakang ekonomi kurang mampu atau yang buta hukum bakal menjadi prioritas Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Ikatan Advokat Indonesia atau IKADIN Palembang dalam memberikan bantuan hukum gratis. 


Ketua DPC IKADIN Palembang, Andri Meilansyah SH CHRM mengatakan pasca resmi dilantik, dia dan kepengurusan baru akan segera menyusun program kerja dengan skala prioritas jangka pendek, menengah dan jangka panjang. 


"Salah satu program kerja jangka pendek ini yakni memberikan bantuan hukum gratis, nanti akan kita rumuskan bagaimana konsepnya dan akan segera diimplementasikan," ujarnya, Sabtu (24/9/2022).


Andri mengatakan nantinya bantuan hukum ini akan dimulai dengan melakukan sosialisasi bantuan hukum ke misalnya terjun langsung ke masyarakat lapisan pinggiran yang memang benar-benar butuh bantuan mencari keadilan. 


Hal ini dilakuan untuk melaksanakan tugas dan fungsi mencari keadilan bagi masyarakat tidak mampu dan buta hukum sehingga upaya mereka mencari keadilan bisa dibantu dan diperjuangkan. 


Teknisnya sosialisasi ini nanti bisa saja berupa mendirikan posko tempat pengaduan sehingga siapa saja nanti bisa membicarakan masalah yang dihadapi dan akan dicari yang memang benar-benar memerlukan bantuan hukum


"Gambaran sementaranya seperti itu tapi nanti akan di fix kan kembali  bersama kepengurusan lainnya sebab menjalankan tugas ini diperlukan dukungan dari semua pihak agar cita-cita yang ingin diwujudkan bisa tercapai," katanya. 


Andri juga membuka peluang seluas mungkin bagi advokad muda untuk bergabung mengembangkan potensi diri sehingga bisa mewujudkan advokad yang bermartabat sekaligus meningkatkan kualitas dan daya saing advokad. 


Sementara itu Ketua DPP IKADIN Sutrisno SH MHum memberikan pesan pada Andri yang baru saja dilantiknya agar bisa menjalankan tugas dan fungsi IKADIN Palembang dengan baik dan bersinergi dengan semua pihak sesuai dengan AD ART Ikadin dan tidak melangkahi wewenang Peradi. 


"Ikadin sinerhi dengan Peradi saling mendukung kegiatan seperti yang dicontohkan IKADIN dan PERADI tingkat pusat sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh seluruh anggota, advokad dan masyarakat pencari keadilan," katanya. 

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved