Timnas Indonesia

Proses Naturalisasi Segera Rampung, Kapan Sandy Walsh dan Jordi Amat Disumpah Jadi WNI?

Jika sudah keluar Keputusan Presiden, Jordi Amat dan Sandy Walsh tinggal menanti waktu untuk pengambilan sumpah kewarganegaraan.

Editor: Odi Aria
Instagram
Sandy Walsh saat berlatih bersama Timnas Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung sebelum laga lawan Bangladesh 

SRIPOKU.COM- Proses naturalisasi dua calon pemain timnas Indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh hampir selesai. Keduanya selangkah lagi menjalani pengambilan sumpah kewarganegaraan Indonesia.

Sebelumnya, pada Selasa (20/9/2022), DPR RI telah menyetujui permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan RI kepada Jordi Amat dan Sandy Walsh dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-5 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023.

"Sesuai hasil pembahasan Komisi III dan Komisi X memutuskan menyetujui pemberian pertimbangan kewarganegaraan RI kepada Jordi Amat dan Sandy Walsh," kata Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus selaku pimpinan rapat.

 
Setelah pengesahan dari DPR, proses naturalisasi Walsh dan Amat akan berlanjut ke Sekretariat Negara untuk ditandatangani Presiden RI Joko Widodo.

Jika sudah keluar Keputusan Presiden, Jordi Amat dan Sandy Walsh tinggal menanti waktu untuk pengambilan sumpah kewarganegaraan.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menuturkan bahwa rencananya Jordi Amat dan Sandy Walsh akan melakukan sumpah kewarganegaraan secara virtual.

Menurut dia, proses tersebut tetap sah dan dipilih setelah berkoordinasi dengan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Edward Oomar Sharief.

"Saya sudah koordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM, dengan Pak Wamen, beliau sudah oke," kata Zainudin.

"Karena mereka sedang main di luar negeri, ada yang di Eropa, maka akan diambil sumpahnya oleh Kanwil Kemenkumham DKI secara virtual, itu juga sah," ujarnya.

 

Halaman
12
Sumber: BolaSport.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved