Berita Muba

Komentar Pj Bupati Muba Terkait Inpres Mobil Listrik, 'Kita Sedang Persiapkan, Tipe yang Kecil Dulu'

Dikatakan Apriyadi, Pemkab Muba mendukung program pemerintah khususnya menghemat penggunaan BBM dengan mengganti energi listrik.

Penulis: Fajeri Ramadhoni | Editor: Ahmad Farozi
fajeri/sripoku.com
Pj Bupati Muba, Apriyadi 

SRIPOKU.COM, SEKAYU - Pemkab Muba kini tengah mempersiapkan diri untuk menggunakan mobil listrik di Kabupaten Muba. Hal tersebut merujuk setelah keluarnya instruksi presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang penggunaan mobil berbasis listrik.

Pj Bupati Muba Apriyadi mengungkapkan, saat ini pihaknya masih mempelajari terkait Inpres Nomor 7 Tahun 2022 tentang penggunaan mobil berbasis listrik.

Dikatakan, Pemkab Muba mendukung program pemerintah khususnya menghemat penggunaan BBM dengan mengganti energi listrik.

"Saat ini kita sedang persiapkan dan pikirkan terkait penggunaan mobil listrik di Kabupten Muba. Kita lagi mencari-cari investor yang sudah memproduksi mobil listrik di Indonesia,” kata Apriyadi, Kamis (22/9/2022).

Disebutkan, kedepan apabila sudah siap maka pihaknya akan mencoba menganggarkan untuk membeli mobil listrik tersebut.

"Kalau untuk tipe mungkin kita yang kecil-kecil dulu, seperti Innova yang CC mesinnya sekitar 1.500 CC hingga 2.000 CC,” ungkapnya.

Sementara itu, Analis Kinerja dan Humas PLN Sekayu, Irsan Hendra menyampaikan bahwa saat ini Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) belum ada di Sekayu.

"Sampai sekarang belum ada untuk di Sekayu. Tapi rencananya Sekayu dapat dua SPKLU. Itupun melihat kondisi, sudah ada belum yang pakai motor atau mobil listrik," ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah menerbitkan Inpres Nomor 7 Tahun 2022 tentang percepatan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai di instansi pemerintah pusat dan daerah. Instruksi itu dikeluarkan dan mulai berlaku pada tanggal 13 September 2022.

Ada tiga Instruksi utama yang diberikan Jokowi, yaitu menetapkan regulasi, menetapkan anggaran, dan melakukan pengadaan kendaraan listrik menggantikan kendaraan bermotor bakar.

Sumber:
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved