4 CARA Sederhana Olah Minyak Goreng Bekas Agar Bisa Dipakai Lagi

inyak goreng bekas menggoreng terkadang masih bisa dipakai kembali, namun perlu diperhatikan bau, warna, dan sisa makanan

Editor: Wiedarto
kompas.com
ilustrasi minyak goreng bekas. 

SRIPOKU.COM--Minyak goreng termasuk kebutuhan pokok di dapur, hampir setiap hari digunakan pada setiap rumah. Minyak goreng bekas menggoreng terkadang masih bisa dipakai kembali, namun perlu diperhatikan bau, warna, dan sisa makanan yang mengotori minyak.

Terdapat 4 cara sederhana menggunakan minyak goreng agar lebih tahan lama untuk dipakai kembali dan lebih hemat. Simak 4 cara memakai minyak goreng agar lebih awet untuk digunakan kembali, dikutip dari laman Seriouseats, berikut penjelasan lengkapnya.


1. Gunakan termometer


Minyak goreng terlalu panas adalah cara cepat dan mudah menjadikan minyak tidak dapat digunakan kembali. Selalu ukur suhu minyak agar tidak terlalu panas. Pada saat yang sama, memanaskan minyak sebelum menambahkan makanan di dalam akan meningkatkan jumlah partikel yang jatuh, sehingga dapat menurunkan umur minyak.


2. Bersihkan minyak setelah menggoreng


Simpan saringan dengan jaring halus di dekat kompor, ini dibutuhkan untuk membersihkan minyak goreng secara berkala. Bersihkan minyak goreng dengan mengambil dan membuang sisa adonan atau tepung roti yang mungkin akan jatuh mengotori minyak.

3. Makanan tanpa tepung

Makanan tanpa coating atau tepung akan lebih sedikit membuat minyak kotor, sedangkan makanan yang dilapisi tepung roti atau tepung tentunya terdapat sisa lapisan yang jatuh. Kamu bisa tetap konsisten dalam menggoreng makanan tanpa tepung atau tidak begitu sering.


4. Penyimpanan

Minyak bisa rusak bahkan tanpa energi dari kompor di bawahnya. Musuh terbesar minyak goreng adalah kelembapan, cahaya, dan panas. Simpan minyak sisa dalam wadah kedap udara pada tempat sejuk dan gelap. Hindari membiarkannya di dalam wajan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

 

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved