Berita OKI

Tiap Hari Ratusan Ekor Ikan Milik Petambak di Jua Jua OKI Mati Mendadak, Terjadi Saat Musim Hujan

Matinya ribuan ikan yang akan dipanen peliharan petambak ini terjadi beberapa pekan terakhir. Akibatnya, petambak ikan mengalami kerugian cukup besar.

Editor: Ahmad Farozi
nando/ts
Ribuan ikan milik para petambak disepanjang aliran sungai Komering Kabupaten OKI ditemukan mati mendadak. Tampak ikan mati di kolam milik Andreas Laputra warga Lingkungan 5, Kelurahan Jua-jua, Kecamatan Kayuagung mengambang dan membusuk, Rabu (21/9/2022). 

SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG - Ribuan ikan jenis nila dan patin milik para petambak disepanjang aliran sungai Komering Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) ditemukan mati mendadak.

Matinya ribuan ikan yang akan dipanen peliharan petambak ini terjadi beberapa pekan terakhir. Akibatnya, petambak ikan mengalami kerugian cukup besar.

Ikan yang mati mengambang ditepi tambak dan sebagian sudah membusuk menimbulkan bau tak sedap.

Andreas Laputra, seorang petambak di Lingkungan 5 Kelurahan Jua jua Kecamatan Kayuagung Kabupaten OKI mengatakan, ikan yang mati mendadak sudah terjadi selama beberapa pekan belakangan.

Meski ikan yang mati tidak berlangsung bersamaan. Namun rata rata perhari mencapai ratusan ekor ikan yang mati, tersebar dibeberapa petak tambak miliknya.

Andreas yang memiliki 8 petak tambak menyebutkan, masing-masing tambak disebar 2.000 ekor ikan.

"Kalau ikan patin dalam waktu empat bulan terakhir ada sekitar 6.000 ekor yang ditemukan mati mendadak," kata Andreas, Rabu (21/9/2022).

"Sedangkan ikan nila sekitar dua minggu terakhir sudah ada 3.000 ekor yang tiba-tiba mati," ujarnya.

Menurutnya, kejadian ikan mati mendadak itu selalu terjadi setiap tahun. Terutama saat musim penghujan tiba dan air sungai naik.

"Seluruh petambak ikan yang tersebar mulai dari Kecamatan Kayuagung sampai Sp Padangmerugi akibat kematian ikan secara mendadak atau istilahnya ikan mabuk," tuturnya.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved