Berita Muaraenim

Pj Sekda Muara Muara Enim Ingatkan, Salah Kelola Koperasi Siap-Siap Berhadapan dengan Sanksi Hukum

Meski sudah tidak lagi menjabat atau mengelol koperasi, jika ditemukan kesalahan tetap bisa dikenakan sanksi hukum.

Penulis: Ardani Zuhri | Editor: Ahmad Farozi
ardani/sripoku.com
Pj Sekda Muara Enim H Riswandar memberikan sambutan saat kegiatan sosialisasi Peraturan dan Sanksi Koperasi bagi Pengurus/Pengawas Koperasi, di Hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim, Rabu (21/9/2022). 

SRIPOKU.COM, MUARAENIM - Pengurus dan pengawas koperasi harus lebih hati-hati dan profesional dalam mengelola koperasi. Sebab, jika melakukan kesalahan akan berdampak hukum 20 tahun kedepan.

Meski sudah tidak lagi menjabat atau mengelolanya, jika ditemukan kesalahan tetap bisa dikenakan sanksi hukum.

Demikian dikatakan Pj Sekda Muara Enim H Riswandar saat membuka sosialisasi Peraturan dan Sanksi Koperasi bagi Pengurus/Pengawas Koperasi, di Hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim, Rabu (21/9/2022).

Dikatakan, masa pandemi jadi tantangan koperasi untuk maju berkembang dan jadi pahlawan ekonomi.

Maka peran pengurus dan pengawas koperasi di era digital sangat penting dan dituntut memiliki kemampuan yang berkualitas sehingga dapat tumbuh, berkembang, dan mandiri.

“Kedepan, Koperasi tentu bisa menjadi tulang punggung perekonomian, khususnya di Kabupaten Muara Enim dalam menciptakan pekerjaan maupun lapangan pekerjaan,” ujar Riswandar.

Ditekankan, seluruh pengurus dan pengawas koperasi agar serius mengikuti kegiatan tersebut.

Harus banyak bertanya dengan narasumber agar paham terhadap sanksi yang akan dihadapi para pengurus dan pengawas jika menyalahi aturan dalam mengelola koperasi.

Sebab meski pengurus atau pengawas sudah tidak lagi mengurus koperasi tersebut, jika dikemudian hari ada permasalahan hukum masih berlaku hingga 20 tahun kemudian.

"Makanya hati-hati setiap menandatangani. Jangan asal tandatangan saja karena setiap tandatangan yang kita keluarkan tentu akan ada konsekuensi hukumnya," ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Muara Enim, Husin Aswadi mengatakan, tujuan sosialisasi untuk mengedukasi pengurus dan pengawas koperasi.

Kegiatan tersebut diikuti 30 peserta yang terdiri dari beberapa pengurus, pengawas dan anggota koperasi dalam lingkup Kecamatan Muara Enim.

"Diharapkan dengan sosialisasi ini pengurus dan pengawas koperasi paham dalam pelaksanaan undang-undang perkoperasian, berikut terhadap pemberlakuan sanksi," kata Husin.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved