Berita Musi Rawas

Berserakan dan Bau Busuk, Warga Mataram di Musi Rawas Tutup Paksa Tempat Pembuangan Sampah

Selama ini, dilokasi TPS tersebut selalu terjadi tumpukan sampah yang menggunung dan berserakan serta menimbulkan bau busuk.

Penulis: Eko Mustiawan | Editor: Ahmad Farozi
eko mustiawan/sripoku.com
Warga Desa Mataram Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Mura menutup tempat pembuangan sampah, Rabu (21/9/2022). Penutupan dilakukan karena warga resah lokasi tersebut terlihat kumuh dan berbau busuk. 

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Warga bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Mataram Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas, Sumsel menutup paksa Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah yang ada di Dusun V tepatnya di depan SMA YPBI Tugumulyo.

Warga menutup paksa TPS tersebut karena tak terima wilayahnya dijadikan lokasi tempat pembuangan sampah.

Selama ini, dilokasi TPS tersebut selalu terjadi tumpukan sampah yang menggunung dan berserakan serta menimbulkan bau busuk. Sehingga, memberikan kesan kumuh dan kotor terhadap Desa Mataram.

Pantauan Sripoku.com di lapangan, penutupan dilakukan dengan cara memasang pagar pembatas dari plastik dan baliho.

Ditempat itu juga ada tulisan pemberitahuan dan imbauan dilarang membuang sampah.

Dengan adanya penutupan TPS tersebut, wajah Jalan Lintas Tugumulyo-Lubuklinhgau kini terlihat rapi, karena tidak ada lagi penumpukan sampah di sepanjang jalan.

Kepada Sripoku.com. Kepala Desa Mataram, Hendi Mukhtar mengatakan, atas dorongan masyarakat, Pemdes Mataram bersama tokoh masyarakat dan juga Linmas serta BPD, melakukan gotong royong membuang sampah yang menumpuk di TPS tersebut.

"Sampah ini sudah menumpuk sejak satu bulan lebih, dan bahkan sudah menggunung dan bau busuk. Karena tidak diangkut pihak dinas terkait, maka kami gotong royong bersama membersihkannya, kata Hendi, Rabu (21/9/2022).

Dikatakannya, lokasi tersebut jadi tempat pembuangan sampah bukan hanya dari warga Desa Mataram saja. Namun sebagian besar dari warga luar Desa dan juga ada yang dari Kota Lubuklinggau.

Sampah yang dibuang dilokasi tersebut bukan hanya sampah rumah tangga. Tapi juga ada sampah usaha dan lain sebagainya.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved