Berita OKU

OKU Canangkan 100 Persen Desa dan Kelurahan Cantik, Wujudkan Portal Satu Data

Output yang dihasilkan berupa, desa dalam angka, publikasi digital desa yang ditampilkan dalam website desa dan infografis desa.

Penulis: Leni Juwita | Editor: Ahmad Farozi
leni juwita/sripoku.com
Pencanangan 100 persen Desa dan Kelurahan Cantik (cinta statistik) se Kabupaten OKU di Ruang Abdi Praja Pemkab OKU, Selasa (20/9/2022). 

SRIPOKU.COM.BATURAJA - Kabupaten OKU menuju 100 Persen Desa dan Kelurahan Cantik (Cinta Statistik). Upaya ini dilakukan untuk mewujudkan sinergitas Pemkab OKU dengan Badan Pusat Statistik (BPS) dalam meningkatkan literasi statistik tentang Desa.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Priyatno Damadi, saat pencanangan 100 persen Desa dan Kelurahan Cantik se- Kabupaten OKU di Ruang Abdi Praja Pemkab OKU Selasa (20/9/2022).

Dikatakan, melalui pencanangan desa dan kelurahan cinta statistik, diharapkan segera diwujudkan Portal Satu Data.

Sebagai sinergitas Pemkab OKU dengan BPS melalui pelatihan aparatur desa/keluarahan dalam mewujudkan perencanaan membangun desa berbasiskan data.

Program Desa Cinta Statistik dimulai BPS pada Februari 2021 terhadap 100 desa terpilih di Indonesia. Termasuk didalamnya Desa Batumarta I Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten OKU.

Dalam Perjalanannya, Kades Karang Dapo, Martina, sebagaimana Keputusan Kepala BPS Provinsi Sumsel No.11 tahun 2022, maka Desa Karang Dapo Kecamatan Peninjauan mengawali program pengelolaan data untuk membangun desa atau Desa Cantik di OKU.

Output yang dihasilkan berupa, desa dalam angka, publikasi digital desa yang ditampilkan dalam website desa dan infografis desa.

Berawal dari dialog Informal, Bupati dengan Kepala BPS Provinsi Sumsel dari Kepala BPS Kabupaten OKU, tercetus gagasan untuk mewujudkan 100 persen desa/kelurahan Cinta Statistik se Kabupaten OKU.

Tujuannya, sinergitas Pemkab OKU dengan BPS dalam meningkatkan literasi statistik tentang Desa dan mengedukasi desa dalam mendata statistik secara mandiri.

Kemudian pengeloaan dan penyajian data sesuai potensi desa khususnya dibidang perencanaan pembangunan, data angka kemiskinan dan data stunting di Kabupaten OKU.

Melalui pencanangan Desa Cantik diharapkan segera diwujudkan portal satu data sebagai sinergitas Pemekab OKU dengan BPS melalui pelatihan aparatur desa/keluarahan dalam mewujudkan perencanaan membangun desa berbasiskan data.

Kepala BPS Sumsel, Zulkifli menjelaskan, Desa Cantik ini sesuai nawacita presiden membangun dari pinggiran. Dalam Desa Cantik dapat membuat spesifik khusus sesuai keinginaan daerah setempat.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved