Berita Lahat

Baca Tulis Alqur'an dan Kita Suci Agama Lain Masuk Kurikulum Muatan Lokal Keagamaan di Lahat

BTA masuk kurikulum muatan lokal, karena jika dilihat ditengah masyarakat, banyak sekali yang belum bisa membaca alquran, kata Bupati Lahat Cik Ujang.

Penulis: Ehdi Amin | Editor: Ahmad Farozi
ehdi amin/sripoku.com
Bupati Lahat, Cik Ujang, memukul gong saat launching kurikulum Mulok BTA dan kitab suci agama lain, Selasa (20/9/2022). 

SRIPOKU.COM, LAHAT - Baca tulis alquran (BTA) dan kitab suci agama lain resmi masuk kurikulum muatan lokal (mulok) pendidikan keagamaan di Kabupaten Lahat.

Bupati Lahat Cik Ujang mengatakan, mulok BTA dan kitab suci agama lain sudah diberlakukan sejak tahun ajaran 2022/2023. Namun baru dilaunching sekarang.

Dikatakan, BTA masuk kurikulum muatan lokal, karena jika dilihat ditengah masyarakat, banyak sekali yang belum bisa membaca alquran.

Tentu ini menjadi kekhawatiran bila terjadi pada peserta didik, kata Cik Ujang. Padahal alqur'an dan kitab suci agama lain merupakan petunjuk bagi umat manusia.

Menurutnya, jika anak-anak beragama Islam terbiasa mempelajari alqur'an, maka secara tidak sadar akan tertanam dalam jiwa mereka kemampuan membaca, menghafal, dan memahami ayat yang dibacakannya tersebut.

Demikian pula bagi anak-anak non muslim yang terbiasa membaca kita suci agama masing-masing.

"Kalau anak sudah bisa memahami kitab sucinya, maka bukan tidak mungkin mereka mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari," kata Cik Ujang, disela launching kurikulum mulok BTA dan kitab suci agama lainnya, Selasa (20/9/2022).

Diharapkan, mulok BTA dan kitab suci agama lainnya, dapat menghasilkan anak didik yang beriman, bertakwa, berkarakter dan berakhlak mulia.

Sehingga salah satu tujuan dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa dapat tercapai. Disisi lain, kesejahteraan di Kabupaten Lahat, untuk menjadi kota terpelajar juga terwujud.

"Saya anggarkan di tahun ajaran baru untuk baju para hafidz, biar peserta didik semakin bersemangat belajar BTA dan kitab suci lainnya," ujar Cik Ujang.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved