Berita Muaraenim

10 Desa di Semende Darat Laut Muara Enim Bakal Terima Bonus Produksi Panas Bumi Total Rp3,2 Miliar

Dikatakan, dari total dana sebesar Rp3,2 miliar tersebut, dibagikan kepada 10 desa di Kecamatan Semende Darat Laut.

Penulis: Ardani Zuhri | Editor: Ahmad Farozi
ardani/sripoku.com
Rapat membahas hasil laporan pemanfaatan dana bonus produksi panas bumi dan menyiapkan paparan mengenai pemanfaatan dana produksi panas bumi kepada Ditjen EBTKE-Kementerian ESDM, Selasa (20/9/2022). 

SRIPOKU.COM, MUARAENIM - Sebanyak 10 desa di Kecamatan Semende Darat Laut (SDL) Kabupaten Muara Enim bakal menerima bonus produksi panas bumi dari Pemkab Muara Enim.

Demikian diungkapkan Pj Sekda Muara Enim H Riswandar saat rapat membahas hasil laporan pemanfaatan dana bonus produksi panas bumi sesuai Perbup Muara Enim Nomor 39 tahun 2022, Selasa (20/9/2022).

Dalam rapat juga menyiapkan paparan mengenai pemanfaatan dana produksi panas bumi kepada Ditjen EBTKE- Kementerian ESDM.

Dikatakan, besaran pagu dana bonus produksi panas bumi tahun anggaran 2021 total sebesar Rp3,2 miliar yang berasal dari bagi hasil tahun 2019, 2020 dan 2021.

Alokasi dana tersebut 55 persen untuk belanja bantuan keuangan kepada pemerintah desa, dengan total Rp1,7 miliar.

Sedangkan 45 persen dialokasikan untuk belanja dalam program kegiatan perangkat daerah dengan total Rp1,4 miliar.

Dikatakan, dari total dana sebesar Rp3,2 miliar tersebut, dibagikan kepada 10 desa di Kecamatan Semende Darat Laut.

Ada dua desa yang dapat bantuan bonus panas bumi sebesar Rp353,5 juta. Yaitu Desa Penindaian dan Desa Babatan yang berada di ring satu perusahaan.

Sedangkan delapan desa lainnya, yaitu Muara Dua, Muara Danau, Penyandingan, Tanah Abang, Pagar Agung, Pulau Panggung, Karya Nyata dan Desa Perapau masing-masing akan menerima Rp132,5 juta.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Muara Enim, H Rusdi Khairullah menambahkan, dalam penggunaan dana bantuan tersebut juga telah diatur untuk bidang penyelenggaraan pemerintah desa sebesar 20 persen dari pagu dana.

Kemudian bidang pelaksanaan pembangunan desa sebesar 40 persen, bidang pembinaan kemasyarakatan sebesar 10 persen, bidang pemberdayaan masyarakat sebesar 25 persen dan

bidang penanggulangan bencana darurat dan mendesak sebesar 5 persen.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved