Berita Lubuklinggau

Anggaran Sudah Ketok Palu, Penerapan Tilang Elektronik Segera Berlaku Oktober Mendatang

"Penerapan ETLE akan dilaunching bulan depan dan segera berlaku. Kepastian ini karena anggaran sudah diketok palu,” ujar Suwandi, Senin (19/9/2022).

Editor: Ahmad Farozi
Dok Satlantas Polres Lubuklinggau
Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE) akan diberlakukan diseluruh daerah di Sumsel, termasuk Kota Lubuklinggau. Penerapan akan dilaksanakan bulan Oktober mendatang. Tampak petugas sedang memasang ETLE di Kota Lubuklinggau. 

SRIPOKU.COM, LUBUKLINGGAU - E-Tilang atau Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE) akan diberlakukan diseluruh daerah di Sumsel, termasuk Kota Lubuklinggau. Penerapan akan dilaksanakan bulan Oktober mendatang,

Kapolres Lubuklinggau AKBP Harissandi melalui Kasat Lantas AKP Suwandi menyampaikan, sejauh ini perangkat ETLE baru terpasang di Jalan SMB II Kelurahan Simpang Periuk, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II.

"Penerapan ETLE akan di launching bulan depan dan segera berlaku. Kepastian ini lantaran anggaran sudah diketok palu,” ungkap AKP Suwandi pada wartawan, Senin (19/9/2022).

Menurutnya, pihaknya sudah mendata berapa banyak pengendara roda dua maupun roda empat yang melintas di ETLE setiap hari, bahkan yang melanggar peraturan lalu lintas sejauh ini cukup banyak.

"Terakhir saya cek, dari Agustus hingga sekarang ada sekitar 1.200 pengendara yang terekam melanggar peraturan lalu lintas," ujarnya.

Disebutkan, rata-rata pelanggar yang terekam tidak menggunakan helem dan tidak menggunakan sabuk pengaman serta menggunakan Handphone (Hp) saat berkendara.

Menurutnya, kedepan kamera ETLE akan dipindah posisinya mundur dari yang sekarang karena posisi yang sekarang sedikit belokan sehingga tidak terekam secara keseluruhan.

"Untuk sistem ETLE sendiri bagi yang melanggar tata tertib lalu lintas akan ketangkap kamera, dengan kamera akan ditilang dan suratnya akan dikirim ke alamat sesuai dengan plat nomor," ungkapnya.

Diharapkan dengan adanya ETLE ini bisa meminimalisir aksi pencurian sepeda motor dan mobil karena ETLE beroperasi selama 24 jam yang akan dijaga oleh Petugas Satlantas.

"Pelaku pelanggaran lalulintas nanti terekam, jadi bisa dilakukan penindakan. Petugas tidak perlu lagi berada di jalan. Sekaligus untuk menghilangkan pungli,” tambahnya. (eko hepronis/ts)

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved