Offside Dalam Sepak Bola

Sering Menentukan Hasil Laga, Ini Cara Menentukan Pemain Posisi Offside Dalam Sepak Bola

Namun bagaimana menentukan seorang pemain berada dalam posisi offside atau tidak? Berikut penjelasannya dengan merangkum beberapa sumber.

Penulis: Muhammad Naufal Falah | Editor: bodok
KOMPAS.com/Suci Rahayu
Hakim garis Liga 1 2021-2022 mengangkat bendera. Sering Menentukan Hasil Laga, Ini Cara Menentukan Pemain dalam Posisi Offside dalam Sepak Bola 

SRIPOKU.COM - Istilah offside sering diperdengar di dunia sepakbola dan terjadi dalam setiap laga si kulit bundar ini.

Bahkan offside sendiri dapat menentukan hasil pertandingan, khususnya terjadi gol yang tercipta.

Namun bagaimana menentukan seorang pemain berada dalam posisi offside atau tidak? Berikut penjelasannya dengan merangkum beberapa sumber.

Offside sendiri dijelaskan dalam Hukum 11 Laws of the Game (Hukum Permainan) yang dikeluarkan Badan Asosiasi Sepak Bola Internasional atau International Football Association Board (IFAB). Mengutip Kompas.com.

Hukum 11 Laws of the Games IFAB menyebutkan seorang pemain yang berada dalam posisi offside bukanlah sebuah pelanggaran.

Baca juga: Mengenal Aturan Offside dalam Sepak Bola Beserta Sejarah, Jadi Momok Penyerang di Depan Gawang Lawan

Gol kontroversi pemain timnas Prancis, Kylian Mbappe pada menit 80 pada laga UEFA Nations League 2021 karena dianggap sudah dinilai offside, Minggu (10/10/2021).
Gol kontroversi pemain timnas Prancis, Kylian Mbappe pada menit 80 pada laga UEFA Nations League 2021 karena dianggap sudah dinilai offside, Minggu (10/10/2021). Sering Menentukan Hasil Laga, Ini Cara Menentukan Pemain dalam Posisi Offside dalam Sepak Bola (ZVOETBAL)

Disebut offside jika pemain berada di lapangan lawan dalam posisi di belakang lawanl di antara bola dengan gawang lawan; dan dan saat itu bola tertuju ke arah si pemain.

Jika terjadi offside dalam pertandingain sepak bola, asisten wasit atau biasa disebut hakim garis akan mengangkat bendera sambil menurunkan sampai sejajar dengan dada.

Setelah itu, wasit di lapangan akan meniupkan peluit dan memberikan tendangan bebas tidak langsung kepada tim lawan.

Dalam pertandingan sepak bola, offside punya dampak masing-masing bagi kedua tim.

Buat tim yang sedang menyerang, offside dapat menggagalkan peluang mencetak gol.

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved