Berita Palembang

BRI Dorong Masyarakat Pede Berbisnis, 125 UMKM Ramaikan Pesta Rakyat Simpedes 2022

BRI Dorong Masyarakat Pede Berbisnis, 125 UMKM Terlibat Dalam Pesta Rakyat Simpedes 2022 di Palembang

Penulis: Bima Pratama Wijaya | Editor: Odi Aria
Sripoku.com/Bima
Potret beragam UMKM dalam gelaran Pesta Rakyat Simpedes 2022 di Palembang 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk menggelar acara puncak Pesta Rakyat Simpedes 2022 pada 16-19 September 2022 di lapangan PTC Mall Palembang.


Melibatkan 125 UMKM usaha mikro kecil dan menengah dengan tujuan mendorong masyarakat untuk pede berbisnis, pede mengelola keungan dan pede bekerja.


"Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen dan konsistensi BRI dalam mengawal pengembangan sektor UMKM di Tanah Air," sebut CEO Regional Office BRI Palembang Wahyudi Darmawan, Jum'at (16/9/2022) sore.


Komitmen ini terwujud dalam gelaran Pesta Rakyat Simpedes yang dipenuhi oleh ratusan UMKM mulai dari kuliner hingga fesyen demi tingkatkan pangsa pasar.


Beragam kegiatan dilakukan BRI mulai dari pelatihan, entertaiment, pengawalan dalam program inkubasi, membangun kluster usaha, hingga pemberian modal usaha rakyat.


Tak sampai disitu, BRI juga menyalurkan pendanaan kredit ultra mikro melalui PNM dan Pegadaian.


Hingga saat ini, regional BRI Palembang sudah melayani 6,5 juta nasabah UMKM pada simpanan dan 501 ribu nasabah untuk dana pinjaman yang sebagian besar dari sektor pertanian.


Pada segmen mikro BRI juga sudah menyalurkan KUR sebanyak Rp5,41 triliun dari total realisasi Rp7,76 triliun.


“Terjadi pertumbuhan sekitar 13 persen (yoy) untuk pembiayaan UMKM, sementara untuk DPK tumbuh 9,9 persen untuk segmen mikro,” sebut Wahyudi Darmawan.


Dalam gelaran Pesta Rakyat Simpedes tahun ini terdapat segudang kegiatan yang bisa dinikmati.


Mulai dari edukasi UMKM, lomba e-sport, games seru, pawai budaya hingga konser yang diisi artis nasional yaitu Fiersa Besari, Hutan Tropis, Geisha, Nella Kharisma dan Gigi.


Sebelumnya, rangkaian acara ini sudah dimulai sejak 11 - 15 September 2022 menyasar 10 pasar tradisional dengan tujuan menggerakan literasi digital.


Hal ini dilakukan BRI untuk mendorong masyarakat terutama pelaku UMKM dalam penyuluhan digital menggunakan qris dan Brimo.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved