Berita Palembang

Ketua DPRD Sumsel, Dukung UT Palembang Menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum

Universitas Terbuka (UT) Palembang Provinsi Sumsel (Sumatera Selatan) saat ini tengah ertransformasi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum

Editor: bodok
SRIPOKU.COM/handout
Dirut UT Palembang Dr Meita Istianda MSi dan Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati memegang cinderamata, Jumat (16/9/2022). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Universitas Terbuka (UT) Palembang Provinsi Sumsel (Sumatera Selatan) saat ini tengah bertransformasi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

Capaian UT hingga seperti ini tentu tidak bisa diraih sendiri, tetapi juga karena dukungan berbagai pihak, termasuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, DPRD Sumsel.

Direktur UT Palembang Dr Meita Istianda MSi yang melakukan kunjungan silaturahmi ke Ketua DPRD Sumsel RA Anita Noeringhati menyampaikan, ucapan terima kasih dan apresiasi yang setingi-tingginya kepada Ketua DPRD Sumsel yang sudah mendukung dan mensupport UT selama ini.

Pada kesempatan itu ia menyampaikan bahwa UT selain tengah bertransformasi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum, juga mendapat amanah dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi turut meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Tinggi Indonesia yang saat ini masih berada pada level 31 persen. Target tahun 2024, 37 persen.

“Di Sumatera Selatan sendiri APK Pendidikan Tinggi masih 26,32 persen. untuk itu UT Palembang tidak bisa bekerja sendiri, tentu memerlukan dukungan dari berbagai pihak,” ungkap Meita Istianda.

Mahasiswa UT Palembang tersebar di 17 kabupaten/kota dengan total mahasiswa 19.367 orang.

Sedangkan untuk Mahasiswa baru semester ini berjumlah 5.030 orang.

Universitas Terbuka memiliki ciri khas, UT sebagai perguruan tinggi terbuka jarak jauh, mahasiswa UT Palembang memiliki latar belakang yang beragam dari usia fresh graduate SMA/SMK/MA/Paket C, sampai mereka yang sudah bekerja.

Sistem perkuliahan yang fleksibel, dengan layanan perkuliahan yang beragam mulai dari tatap muka, online, hingga webinar menjadi solusi bagi siapa pun yang ingin meningkatkan kompetensi dan kualifikasi pendidikan tinggi tanpa harus meninggalkan tugas sehari-hari. Biayanya pun sangat terjangkau.

Ketua DPRD Provinsi Sumsel Anita Noeringhati menyambut baik kehadiran Direktur UT Palembang dan jajarannya, serta berpendapat peningkatan kualitas SDM itu sangat penting.

Ia mengaku telah mengetahui adanya UT sudah sejak lama, dari ketika berada di Bukit Siguntang sampai ke kampus barunya saat ini di Kolonel Burlian Km 10. Perkembangannya luar biasa.

"Dengan mendapatkan informasi tentang UT seperti ini, saya bisa ikut meng-endorse UT, ikut mensosialisasikan UT, saat bertemu dengan masyarakat maupun pemerintah daerah, bahwa UT ini bisa menjadi solusi untuk mereka yang ingin meningkatkan kualifikasi pada jenjang pendidikan tinggi, dan kualitasnya pun sama dengan universitas negeri lainnya," ujar perempuan pertama yang memimpin DPRD Sumsel ini.

"Perguruan tinggi secara struktur berada di bawah Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, namun kongkretnya UT ini perlu juga kehadiran Pemerintah Daerah untuk mendukung program-programnya. Saya siap meng-endorse UT," terang Anita Noeringhati.

Direktur UT Palembang Dr Meita Istianda MSi, pada kunjungan silaturahmi ini didampingi Manager BBLBA Triana Sri Gunarti SE MSi, Manager Keuangan dan Umum Imam Dwinusa Harun SE, Penanggung Jawab Kerjasama Redi Pirmansyah SH MH, serta Penanggung Jawab Marketing Wisnu Firdiansah Haris SPd MM.

 

 

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved