Berita Pagaralam

Menparekraf Sandiaga Uno Siap Mensuport Festival Kopi Robusta Skala Nasional di Pagar Alam

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, kopi robusta Pagar Alam harus dibranding lebih baik lagi agar bisa lebih dikenal secara luas.

Penulis: Wawan Septiawan | Editor: Ahmad Farozi
wawan septiawan/sripoku.com
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno bersama Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni membuat makanan khas Pagar Alam. 

SRIPOKU.COM, PAGARALAM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno mengunjungi Desa Wisata Tebat Lereh Kota Pagar Alam, yang masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, Selasa (13/9/2022).

Dalam kunjungannya Sandiaga Uno meminta Pemkot Pagar Alam harus sering menggelar even untuk mempromosikan wisata di Pagar Alam.

Dikatakan, dengan banyaknya even baik sekala regional maupuan nasional bahkan internasional, akan banyak orang datang ke Pagar Alam.

Sebagai salah satu kota di Indonesia yang menjadi penghasil Kopi Robusta terbesar, Sandiaga Uno akan menggelar even besar di Pagar Alam yaitu festival kopi robusta bersekala nasional.

Menurutnya, kopi robusta Pagar Alam harus dibranding lebih baik lagi agar bisa lebih dikenal secara luas.

"Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif siap mensupport festival kopi skala nasional di Kota Pagar Alam," ujarnya.

Namun dikatakan, bahwa sebagai sub sektor pariwisata, kopi Pagar Alam harus diuji petik agar bisa dikenal. Jika nanti sudah masuk uji petik maka bisa dikenalkan sebagai brand untuk Kota Pagar Alam.

"Kita akan bantu pemkot Pagar Alam melakukan uji petik untuk kopi sebagai sub sektor pariwisata. Jika sudah lolos uji petik maka akan kita kenalkan dimanca negara bahkan dapat kita daftarkan di UNESCO," katanya saat membuka Talkshow di Gunung Gare.

Wali Kota Pagar Alam Alpian Maskoni dalam Talkshow tersebut menjelaskan, Pemkot Pagar Alam telah bekerjasama dengan Bank Sumsel Babel dalam meluncurkan program peminjaman bunga nol persen bagi UMKM untuk mengembangkan usahanya.

Pemkot Pagar Alam juga memberikan bantuan 1 juta Sambung Kopi setiap tahun kepada petani, untuk meningkatkan hasil panen dari kopi.

Dalam menunjang hasil pasca panen kopi petani lanjut walikota, Pemkot Pagar Alam juga telah mendapat bantuan Rumah Produksi Kopi dari Kementerian PUPR.

"Semoga apa yang telah dilakukan Pemerintah Kota Pagar Alam dalam memberikan bantuan serta dukungan bagi petani dan UMKM, dapat bermuara pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat Kota Pagar Alam," kata Alpian.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved