Mata Lokal Memilih

'INI KONYOL' Pengamat Geleng-geleng Tahu Parpol Catut Belasan Nama Anggota dan Staf Bawaslu Sumsel

"Ini konyol dan kecerobohan yang sangat luar biasa. Di era terbuka dan mudahnya mengases IT, kok masih ada yang berani.

Penulis: Abdul Hafiz | Editor: Yandi Triansyah
Dok Pribadi
Pengamat Politik, Drs Bagindo Togar Butar Butar 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pengamat Sosial Politik, Drs Bagindo Togar menilai konyol yang dilakukan parpol mencatut nama staf Komisioner di bawaslu Sumsel.

Staf komisioner Bawaslu Sumsel dicatut lalu namanya masuk melengkapi struktur keanggotaan Partai Politik yang didaftarkan untuk menjadi peserta Pemilu 2024.

"Ini konyol dan kecerobohan yang sangat luar biasa. Di era terbuka dan mudahnya mengases IT, kok masih ada yang berani. Apalagi Bawaslu punya posko pengaduan cyber maupun manual non IT. Akses sekarang mudah. Bawaslu ini sampai ke tingkat Panwascam. Tapi ini kelihatan konyol, sepele dan ceroboh tadi dari Parpol," ungkap Bagindo Togar kepada Sripoku.com, Selasa (13/9/2022).

Bagindo mengatakan pelaku pencatutan nama sesuai NIK tanpa persetujuan pihak yang dicatut itu bisa memenuhi unsur pidana maupun perdata.

Sehingga korban pencatutan bisa melayangkan gugatan.

"Sanksi pidana sudah menanti yang dilaporkan Bawaslu nantinya ke pihak kepolisian. Tergantung nama yang dicatut tadi. Baik pidana maupun perdata bisa digugat," kata Direktur Eksekutif Forum Demokrasi Sriwijaya (Fordes) Sumsel ini.

Baca juga: DICATUT PARTAI POLITIK 17 Nama Staf dan Komisioner Bawaslu di Sumsel untuk Lengkapi Struktur Anggota

Mantan Ketua IKA Fisip (Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) Unsri ini menyebut inilah konsekuensi sulitnya lolos untuk menjadi partai peserta pemilu.

"Mulai dari susunan pengurus ternyata tidak semudah dibayangkan. Okelah kalau di tingkat provinsi. Tapi untuk sampai ke tingkat kecamatan kelurahan itu tidak mudah. Pengurus, ada kantor sekretariat dan alat kantor.

Memang selama ini berpikir mudah untuk membentuk infrastruktur dan supra struktur partai. Beginilah jadinya. Sebelumnya mereka awalnya optimis semua bisa terbentuk partai," paparnya.

Halaman
123
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved