Berita Musi Rawas

Endemis DBD dan 1 Warga Terjangkit, Pemukiman Warga Muara Beliti Baru Musi Rawas Difoging

Kabid P2P Dinkes Musi Rawas, Edwar Zuliyar mengatakan, Kecamatan Muara Beliti menjadi salah satu kecamatan yang endemis kasus DBD.

Penulis: Eko Mustiawan | Editor: Ahmad Farozi
eko mustiawan/sripoku.com
Pemukiman warga Dusun II dan III Desa Muara Beliti Baru Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas difoging, Selasa (13/9/2022). Foging dilakukan, karena ada seorang warga setempat terjangkit demam berdarah dengue (DBD). 

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Pemukiman warga Dusun II dan III Desa Muara Beliti Baru Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas difoging, Selasa (13/9/2022).

Foging dilakukan pemerintah desa setempat bersama Puskesmas Muara Beliti, karena ada seorang warga setempat terjangkit demam berdarah dengue (DBD).

Fogging dilakukan didalam maupun di luar rumah warga. Kemudian di fasilitas umum, seperti Polindes, kantor desa serta tempat pembuangan sampah, lokasi genangan air termasuk drainase.

"Harui ini kita melakukan fogging, karena ada satu warga kami yang terjangkit DBD. Tapi kondisinya sekarang sudah sehat," kata Kepala Desa Muara Beliti Baru, Zaipul Basri kepada Sripoku.com, Selasa (13/9/2022).

Dia mengimbau masyarakat Desa Muara Beliti Baru, agar senantiasa menjaga kebersihan, dan mengubur benda-benda yang bisa digenangi air. Sebab itulah yang akan jadi rumah atau sarang nyamuk.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Musi Rawas, Edwar Zuliyar mengatakan, Kecamatan Muara Beliti menjadi salah satu kecamatan yang endemis kasus DBD.

Menurutnya, kasus DBD akan naik karena faktor cuaca yang kadang hujan kadang panas. Sehingga mudah bagi nyamuk dengue untuk berkembang.

"Untuk itu, diharapkan kepada masyarakat agar melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk dengan mengaktifkan 1 rumah 1 Jumantik atau pemantau jentik," katanya.

Sebab menurut Edwar, fogging, itu hanya dilakukan untuk membunuh nyamuk dewasa yang sudah terinfeksi virus dengue.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved