Berita Lubuklinggau

Harga Cabai Merah dan Bawang Naik, Harga Cabai Setan di Pasar Inpres Lubuklinggau Juga Naik

"Cabai setan ini juga naik sejak dua hari ini. Dari petaninya diwilayah Curup Bengkulu memang mengalami kenaikan," ujar pedagang, Senin (12/9/2022).

Editor: Ahmad Farozi
eko hepronis/ts
Sepekan terakhir, harga bawang merah dan bawng putih di Kota Lubuklinggau, Sumsel, mulai merangkak naik. Tampak, Bohirin, penjual bawang merah di Pasar Inpres Kota Lubuklinggau. 

SRIPOKU.COM, LUBUKLINGGAU - Sepekan terakhir, harga bawang merah dan bawng putih di Kota Lubuklinggau, Sumsel, mulai merangkak naik.

Sebelumnya harga bawang merah di Kota Lubuklinggau dikisaran Rp26 ribu per kilogram, sejak sepekan terakhir naik jadi Rp32 ribu per kilogram.

Bohirin penjual bawang di Pasar Inpres Kota Lubuklinggau mengatakan, kenaikan harga bawang saat ini memang dari agennya di pulau Jawa.

"Memang ngambilnya sudah naik dari agennya di pulau Jawa," kata Bohirin, Senin (12/9/2022).

Bohirin tidak tahu pasti penyebab utama bawang merah Jawa mengalami kenaikan. Namun, dia menduga kenaikan bawang merah saat ini karena faktor kenaikan harga BBM.

"Mungkin karena disebabkan harga BBM naik. Jadi biaya produksi petani dengan biaya angkutnya mengalami kenaikan, agen pun menaikkan harga," ungkapnya.

Selain bawang merah, bawang putih juga mengalami kenaikan, sebelumnya bawang putih Rp20 ribu per kilogram naik menjadi Rp22 ribu per kilogram.

"Bawang putih ini juga naik, karena memang dari sananya juga naik," ujarnya.

Namun, ditengah harga yang merangkak naik, para pedagang justru mengeluh. Karena sejak harga bawang merah dan bawang putih naik, jumlah pembeli menurun drastis.

"Pembeli sepi sekarang, biasanya kan kalau harga bawang murah mereka beli satu kilo. Sekarang belinya paling setengah kilo saja," ungkapnya.

Selain bawang, harga cabai merah di Kota Lubuklinggau juga sudah naik. Harga cabai merah melonjak cukup tinggi sejak sepekan terakhir.

Hasan Basri pedagang cabai mengatakan saat ini harga cabai merah dari Rp80 ribu naik jadi Rp100 ribu per kilogram. "Sudah dua hari ini cabai merah naik Rp20 ribu per kilo," ungkapnya.

Dikatakan, selain cabai merah, saat ini harga cabai setan juga ikut naik. Kenaikannya berbarengan dengan cabai merah. Bila sebelumnya harga cabai setan Rp60 ribu per kilogram, kini naik jadi Rp80 ribu per kilogram.

"Cabai setan ini juga naik sejak dua hari ini. Dari petaninya diwilayah Curup Bengkulu memang mengalami kenaikan," ujarnya. (eko hepronis/ts)

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved