Berita Musi Rawas

Bupati Ratna dan OPD Teken Komitmen Smart City, Inovasi Penghubung Masyarakat dan Pemerintah

Gerakan ini dimaksudkan untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi Informasi dan komunikasi, dalam ekosistem Smart City, kata Bupati Ratna Machmud.

Penulis: Eko Mustiawan | Editor: Ahmad Farozi
eko mustiawan/sripoku.com
Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud bersama para kepala OPD dan perwakilan Kementerian Kominfo foto bersama usai menandatangani komitmen pelayanan smart city, Senin (12/9/2022). 

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Pemkab Musi Rawas, Sumsel, mendatangani komitmen menuju Smart City, Senin (12/9/2022) di Hotel Smart di Kota Lubuklinggau.

Hj Ratna Machmud mengatakan, program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City), adalah salah satu program dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang bekerja sama dengan beberapa Kementerian dan Kantor Staf Presiden.

Gerakan ini dimaksudkan untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi Informasi dan komunikasi, dalam ekosistem Smart City.

"Smart City ini merupakan upaya inovatif yang dilakukan pemerintah, dalam mengatasi persoalan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan melaraskan kebutuhan publik dan layanan pemerintah," kata Bupati.

Dikatakan Bupati, publik dan layanan Konsep smart city sendiri, untuk mengintegrasi Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK), dan berbagai perangkat Internet of Things (IoT), untuk mengoptimalkan layanan daerah.

"Serta terhubung dengan masyarakat, sehingga memudahkan pemerintah terkait terhubung dengan masyarakat, memantau infrastruktur dan fasilitas daerah hingga peristiwa yang terjadi secara real time," ucap Bupati.

Diharapkan, dengan penandatanganan komitmen bersama menuju Smart City Kabupaten Mura pada hari ini, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dapat dimaksimalkan demi kepentingan masyarakat Kabupaten Mura.

Tenaga Ahli Kementerian Kominfo, Acuviarta Kartabi mengatakan, hari ini merupakan detik-detik akhir kesepakatan Kementrian Kominfo dan Pemkab Mura untuk mendorong smart city.

Dimana, Smart City ini merupakan program Kementerian Kominfo yang berkolaborasi dengan seluruh Pemda. Program ini sudah berjalan selama empat tahun.

Dan di tahun kelima ada dua Kabupaten yang bekerjasama, yakni Kabupaten Musi Rawas dan Ogan Komering Ilir.

Dikatakan, Kabupaten Musi Rawas sudah melalui assesmen pada tahun 2021. Kementerian Kominfo juga sudah menyampaikan beberapa sarat dan indikator persiapan yang sekiranya menjadi pondasi awal didalam percepatan pelaksanaan smart city.

"Hasil assesmen kami tahun lalu, itu dieksekusinya tahun ini. Hasilnya, salah satu Kabupaten yang siap untuk mengakselerasi program smart city Kementerian Kominfo dan Kementrian lain, adalah Kabupaten Musi Rawas," katanya.

Dalam perjalannya, pihaknya bersama seluruh OPD telah merumuskan 12 program unggulan, yang fiusulkan ke Kementerian Kominfo sebagai usulan dari Pemkab Musi Rawas sebagai percepatan pembangunan.

 

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved