Berita Palembang

Ini Kata Pengamat Bisnis Soal Kisruh Kredit Bank Mandiri dan PT Titan

Pengamat Bisnis, Ibrahim Assuaibi menyayangkan permasalahan kredit antara PT Titan Infra Energy dengan Bank Mandiri

Editor: Odi Aria
Tribunsumsel.com/Hartati
Jalan Titan yang digunakan untuk mengangkut batu bara dari tambang ke pelabuhan 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pengamat Bisnis, Ibrahim Assuaibi menyayangkan permasalahan kredit antara PT Titan Infra Energy dengan Bank Mandiri yang belum juga menunjukkan titik terang hingga kini. 


Ibrahim menyarankan agar kedua pihak yakni Mandiri dan Titan segera duduk bersama ketimbang bertarung di kantor polisi atau di pengadilan karena perjanjian kredit itu merupakan kesepakatan perdata. 


"Harus ada pertemuan kembali antara manajemen PT Titan dengan Kreditur bagaimana cara melakukan penyelesaian persoalan ini  karena jika terus menerus berlarut-larut tidak akan bagus bagi iklim investasi,” ujar Ibrahim. 


Kisruh pembiayaan sindikasi PT Titan Infra Energy (TIE) yang sempat dihentikan pendidikannya atau SP3 kini kembali bergulir.


Diketahui Bank Mandiri selaku 
facility agent mengajukan lagi gugatan praperadilan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) yang diterbitkan Polri pada Oktober tahun lalu di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 5 September lalu.


Government Business Head Regional II Sumatera, Iwan Setiawan saat dikonfirmasi enggan menanggapi kasus ini dan memilih untuk tidak berkomentar. 


"Biarlah statment dari Titan saja," kata Iwan singkat saat dikonfirmasi, Jumat (9/9/2022). 


Langkah bank itu mengajukan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan disayangkan pihak perusahaan itu.


Darwan mengakui Titan memang menjadi debitur dari kreditur sindikasi yang terdiri dari Mandiri, CIMB Niaga, Credit Suize Bank, dan Trafigura Pte Ltd senilai USD 450 juta. 


Dalam sindikasi kreditur, Mandiri bertindak sebagai facility agent yang salah tugasnya mendistribusikan uang angsuran Titan kepada kreditur sindikasinya. 

Halaman
12
Sumber:
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved