Pelindo Regional 2 Palembang

Langkah Aksi dan Dukungan Pelindo Regional 2 Palembang dalam Staranas PK

Strategi Nasional Pencegahan Korupsi yang selanjutnya disebut Stranas PK adalah arah kebijakan nasional yang memuat fokus dan sasaran pencegahan

Editor: bodok
SRIPOKU.COM/Humas Pelindo
Salah satunya di kawasan pelabuhan Birokrasi dan pelayanan di pelabuhan laut yang tidak terintegrasi dan tumpang tindih termasuk banyaknya instansi pemerintah yang terlibat, diperburuk dengan koordinasi yang tidak berjalan berujung pada inefisiensi. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Strategi Nasional Pencegahan Korupsi yang selanjutnya disebut Stranas PK adalah arah kebijakan nasional yang memuat fokus dan sasaran pencegahan korupsi yang digunakan sebagai acuan kementerian, lembaga, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya dalam melaksanakan aksi pencegahan korupsi di Indonesia.

Stranas PK mengkaji bahwa tingginya biaya logistik di Indonesia dipicu oleh banyak faktor.

Salah satunya di kawasan pelabuhan Birokrasi dan pelayanan di pelabuhan laut yang tidak terintegrasi dan tumpang tindih termasuk banyaknya instansi pemerintah yang terlibat, diperburuk dengan koordinasi yang tidak berjalan berujung pada inefisiensi.

Pelindo regional 2 Palembang 2
Sahat Manaor Panggabean selaku Staf Ahli Bidang Manajemen Konektivitas Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyempatkan berkunjung ke Pelabuhan Boom Baru, Tujuannya tak lain untuk memonitor progress penerapan sistem PHINISI, STID dan penerapan SIMON TKBM untuk mendukung pencapaian Stranas PK yang akan berdampak terhadap peningkatan pelayanan kepelabuhanan.

Dalam mendukung program Stranas PK, Pelindo Regional 2 Palembang telah memfasilitasi dan membantu Kantor Kesyahbandaran & Otoritas Pelabuhan Kelas II Palembang selaku koordinator Stranas PK dalam melaksanakan kegiatan diantaranya Single Submission Quarantine Customs dan Joint Inspection, Penerapan Marine Operating System (PHINISI).

Penerapan Single Truck Identification Data (STID) dan Penerapan Sistem Informasi Monitoring Tenaga Kerja Bongkar Muat (SIMON TKBM).

Pada hari Kamis tanggal 08 September 2022 telah dilakukan penandatanganan SOP bersama Single Submission Quarantine Customs (SSQmQC) dan Join Inspection Stranas PK Pelabuhan Boom Baru Palembang.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran & Otoritas Pelabuhan Kelas II Palembang, Kepala Kantor Bea Cukai Tipe B Boom Baru, Kepala Kantor Karantina Pertanian Palembang, General Manager Pelindo Regional 2 Palembang dan Manager Area PT IPC Terminal Petikemas Area Palembang.

Pada hari yang sama telah pula dilaksanakan sosialisasi penerapan STID dan SIMON TKBM dengan melibatkan asosiasi pengguna jasa di lingkungan Pelindo Regional 2 Palembang.

Rangkaian kegiatan Stranas PK dilanjutkan dengan kegiatan Bincang Stranas PK dengan judul “Yuk Bisa Jaga Pelabuhan” Jumat (09/9/2022) di Rumah Dinas Walikota Palembang yang dihadiri oleh Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut Kementerian Perhubungan, Kepala Badan Karantina Pertanian.

Staf Ahli Bidang Manajemen Konektivitas Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kepala INSW, Koordinator Harian Stranas PK, Group Head Pelayanan Terminal PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dan General Manager Pelindo Regional 2 Palembang.

Disela agenda kunjungan ke Kota Palembang sebagai pembicara pada Bincang Stranas PK, Sahat Manaor Panggabean selaku Staf Ahli Bidang Manajemen Konektivitas Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyempatkan berkunjung ke Pelabuhan Boom Baru.

Tujuannya tak lain untuk memonitor progress penerapan sistem PHINISI, STID dan penerapan SIMON TKBM untuk mendukung pencapaian Stranas PK yang akan berdampak terhadap peningkatan pelayanan kepelabuhanan.

Sesuai dengan komitmen pemerintah untuk memangkas birokrasi serta mendorong pelayanan yang unggul maka Pelindo Regional 2 Palembang mengambil peran aktif untuk mendukung kegiatan serta pencapaian yang telah ditetapkan pemerintah terkait Stranas PK. 

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved