Berita Palembang

5.011 Mahasiswa Baru Tergabung di UT Palembang Ikuti Orientasi Studi Mahasiswa Baru Secara Virtual

Universitas Terbuka (UT) Palembang menggelar Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) secara virtual yang diikuti sebanyak 5.011 mahasiswa baru

Editor: bodok
SRIPOKU.COM/Humas UT Palembang
Direktur Univeritas Terbuka Palembang Dr Meita Istianda SIP MSi ketika menggelar Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) secara virtual yang diikuti sebanyak 5.011 mahasiswa baru berasal berbagai daerah di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu (7/9/2022). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG  - Universitas Terbuka, UT Palembang menggelar Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) secara virtual yang diikuti sebanyak 5.011 mahasiswa baru berasal berbagai daerah di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Direktur Univeritas Terbuka Palembang Dr Meita Istianda SIP MSi mengatakan, kegiatan OSMB UT Palembang tahun ajaran 2022-2023 itu merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru dan dilakukan bertahap sejak, Rabu (7/9/2022) kemarin hingga beberapa hari kedepan secara virtual.

Mahasiswa baru diperkenalkan tentang sistem pembelajaran dalam Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ), sehingga diharapkan mahasiswa UT Palembang bisa mandiri dan terampil dalam menempuh studi selama masa perkuliahannya di UT.

UT Palembang Orientasi mahasiswa baru
Nomor dua dari kiri, Direktur UT Palembang Dr Meita Istianda didampingi Manager Registrasi dan Ujian Drs Muhammad Tair AMM, Manager Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar Triana Sri Gunarti SE MSi dan juga Manager Tata Usaha, Imam Dwinusa Harun,  SE, menggelar Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) secara virtual yang diikuti sebanyak 5.011 mahasiswa baru berasal berbagai daerah di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu (7/9/2022).

Di jelaskan, Dr Meita Istianda OSMB ini salah satu bagian dari kegiatan Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (LPKBJJ) Universitas Terbuka yang dilaksanakan sebagai usaha nyata UT memberikan bimbingan, pelayanan dan pendampingan guna menunjang kesuksesan studi setiap mahasiswanya.

Oleh karena itu, kegiatan OSMB wajib diikuti para mahasiswa agar mereka mengenal lebih jauh apa itu UT, bagaimana layanan yang ada dan bentuk-bentuk pendampingan yang diberikan hingga ke tahap wisuda.
 
“Sistem pembelajaran di UT Palembang berbagai modus, utamanya online, dan sifatnya mandiri. Hal ini tentunya memerlukan pengetahuan terhadap instrumen-instrumen yang perlu diketahui dan dipersiapkan oleh mahasiswa sebelum melaksanakan studi,” ungkap Meita Istianda.

Para mahasiswa baru itu terlihat penuh semangat mendengar penjelasan dan pemahaman yang diberikan oleh Direktur UT Palembang Dr Meita Istianda didampingi Manager Registrasi dan Ujian Drs Muhammad Tair AMM, Manager Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar Triana Sri Gunarti SE MSi dan juga Manager Tata Usaha, Imam Dwinusa Harun SE.

Dr Meita Istianda juga mengungkapkan, untuk sukses kuliah di UT di antaranya dimulai dengan mengikuti LPKPBJJ. Dimana, dalam LPKBJJ ada 4 aspek yang harus mahasiswa pahami, yang pertama OSMB ini, selanjutnya Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ).

"Kita harus tahu bagaimana pembelajaran jarak jauh, bagaimana agar terampil dalam pembelajaran jarak jauh, bagaimana menjadi mahasiswa mandiri." Jelas Meita Istianda.

Ketiga, Workshop Tugas (WT), dalam WT mahasiswa diberikan keterampilan  bagaimana mengerjakan tugas sesuai prinsip akademik dan yang terakhir adalah Klinik Ujian untuk mempersiapkan strategi menghadapi ujian di UT untuk mendapatkan hasil maksimal.

“Dengan adanya kegiatan ini supaya mahasiswa betul-betul paham bagaimana belajar di Universitas Terbuka yang menerapkan sistem pembelajaran terbuka dan jarak jauh,” kata Meita Istianda.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved