Berita Muratara

Balon Kades 3 Desa di Muratara Lebih 5 Orang, Pemkab Lakukan Seleksi Tambahan Tes Tertulis

"Dalam aturan, kalau bakal calon lebih dari lima orang maka ada tes tertulis," kata Kepala Dinas (PMDP3A) Muratara, Gusti Rohmani, Kamis (8/9/2022).

Editor: Ahmad Farozi
rahmat/ts
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Muratara, Gusti Rohmani. 

SRIPOKU.COM, MURATARA - Bakal Calon (Balon) Kades yang mendaftar untuk ikut pemilihan kepala desa (Pilkades) di tiga desa di Kabupaten Muratara lebih dari lima orang.

Terkait itu, Pemkab Muratara menggelar seleksi tambahan tes tertulis untuk menjaring lima orang, khusus untuk balon kades di tiga desa tersebut.

Sebab dalam pilkades, maksimal peserta yang ikut pilkades sebanyak lima orang.

"Dalam aturannya kalau bakal calonnya lebih dari lima orang, maka ada tes tertulis," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Muratara, Gusti Rohmani, Kamis (8/9/2022).

Dikatakan, tiga desa yang dilaksanakan seleksi tambahan tes tertulis yakni Desa Remban, Krani Jaya dan Desa Beringin Makmur II.

Pelaksanaan tes tertulis tersebut akan dilaksanakan di ruang rapat Kantor Camat Rupit, Jumat (9/9/2022) besok, mulai pagi hari sampai selesai.

"Desa Remban paling banyak, ada sembilan orang bakal calonnya, kalau Krani Jaya tujuh orang, kalau BM II enam orang. Jadi yang ikut tes tertulis besok itu ada 22 orang," ujar Gusti.

Disebutkan tes tertulis yang akan diikuti 22 bakal calon kades tersebut adalah mengerjakan soal pilihan ganda selama waktu 120 menit atau dua jam.

Hasil dari tes tertulis itu nantinya akan diumumkan pada hari itu juga setelah diperiksa tim penilai berdasarkan perangkingan.

"Soal-soalnya kami tidak tahu tentang apa, jumlahnya juga belum tahu, lihat saja besok. Nah untuk pengumumannya kita langsung hari itu, setelah tes dan diperiksa," kata Gustu Rohmani.

"Kita tidak mau ada jeda dari tes dengan pengumuman, karena kita mau transparan dan profesional," sambungnya.

Ditambahkan, setelah dilakukan tes tertulis, pihaknya akan melaksanakan tahapan selanjutnya yaitu penetapan calon pada 10 September 2022.

"Tanggal 10 September penetapan calon, dilanjutkan pengundian nomor urut pada hari itu juga. Kemudian 15 September kita deklarasi damai yang ditandatangani para bakal calon," katanya.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved