Berita Muaraenim

23.454 KPM di Muara Enim Terima BLT Subsidi BBM Rp500 Ribu, Difabel dan Lansia Diantar Langsung

"Mulai hari ini BLT Subsidi BBM mulai kita bagikan secara bertahap," ujar Kepala Kantor Pos Muara Enim, Abdul Wahab, Rabu (7/9/2022).

Penulis: Ardani Zuhri | Editor: Ahmad Farozi
ardani/sripoku.com
Kantor Pos Cabang Muara Enim mulai mendistribusikan dana BLT subsidi BBM untuk 23.454 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayah Kabupaten Muara Enim, Rabu (7/9/2022). Bagi lansia dan difabel, bantuan diantarkan langsung oleh petugas ke rumah penerima. 

SRIPOKU.COM, MUARAENIM - Sebanyak 23.454 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Muara Enim mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM).

Bantuan dengan total sebesar Rp500 ribu berasal dari Kementerian Sosial atas dampak kenaikan BBM itu disalurkan melalui Kantor Pos Muara Enim.

"Mulai hari ini BLT Subsidi BBM mulai kita bagikan secara bertahap," ujar Kepala Kantor Pos Muara Enim, Abdul Wahab di ruang kerjanya, Rabu (7/9/2022).

Dikatakan, proses penyaluran BLT BBM ini ada tiga cara pembayaran. Pertama, pembayarannya di kantor pos terdekat.

Kedua, sistim komunitas dimana para penerima dikumpulkan di suatu tempat seperti balai desa kemudian petugas Pos akan datang ke tempat tersebut.

"Dan ketiga, menggunakan pola antaran langsung seperti untuk difabel dan lansia. Dimana petugas pos akan datang secara door to door ke rumah-rumah PKM tersebut" ujarnya.

Adapun BLT yang akan diterima melalui Kantor Pos Muara Enim lanjut Wahab, total sebesar Rp500 ribu.

Terdiri dari Bantuan Sosial Kompensasi (BSK) BBM untuk dua bulan yakni September dan Oktober masing-masing sebesar Rp150 ribu perbulan, sehingga total yang diterima Rp300 ribu.

Kemudian ditambah Rp200 ribu untuk bulan September dari Bantuan Sosial Sembako. Untuk pencairan setiap daerah di Indonesia itu kata Wahab, berbeda-beda jumlahnya tergantung dari petunjuk pemerintah pusat.

"Kalau untuk wilayah Kabupaten Muara Enim yang diterima Rp500 ribu per PKM, namun bisa saja didaerah lain yang diterima lebih besar atau lebih kecil jumlahnya. Kami tidak tahu mengapa berbeda nilainya. Kami hanya ditugaskan membagikan saja," ujarnya.

Untuk wilayah Kabupaten Muara Enim, sambung Wahab, tanggungjawab pendistribusian BLT Subsidi BBM dibagi dua karena luasnya wilayah Kabupaten Muara Enim.

Untuk tanggungjawab kantor Pos Muara Enim, meliputi 11 kecamatan di Kabupaten Muara Enim yakni Kecamatan Belimbing, Benakat, Gunung Megang, Ujan Mas, Muara Enim, Lawang Kidul, Tanjung Agung, Panang Enim, Semendo Darat Laut (SDL), Semendo Darat Tengah (SDT) dan Semendo Darat Ulu (SDU).

Dimana 11 kecamatan tersebut akan dilayani oleh 5 Kantor Pos yang tersebar seperti di Kantor Pos Gunung Megang, Muara Enim, Tanjung Enim, Tanjung Agung dan Pulau Panggung.

Sedangkan untuk kecamatan diluar 11 kecamatan tersebut terutama yang letaknya dihilir adalah tanggungjawab Kantor Pos Prabumulih.

"Ditargetkan dalam 10 hari yang disebut hari pembayaran utama, minimal pembayaran sudah tercapai 80 persen. Setelah itu masih bisa, kecuali sudah keluar aturan yang membatasinya dari Kemensos,” pungkasnya.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved