Berita Palembang

3 Terdakwa Kasus Narkotika 15 Kg di Tol Palembang-Lampung Dituntut Hukuman Seumur Hidup

Hendri Khaidir, Afdal dan Erik dituntut hukuman penjara seumur hidup oleh JPU Kejati Sumsel.

Editor: Yandi Triansyah
SRIPOKU.COM / Chairul Nisyah
Terdakwa kasus narkotika jenis sabu-sabu seberat 15 kilogram, Hendri Khaidir, Afdal dan Erik dituntut hukuman penjara seumur hidup oleh JPU Kejati Sumsel, Senin (5/9/2022) 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Terdakwa kasus narkotika jenis sabu-sabu seberat 15 kilogram, Hendri Khaidir, Afdal dan Erik dituntut hukuman penjara seumur hidup oleh JPU Kejati Sumsel.

Hal tersebut diketahui dalam sidang virtual, di Pengadilan Negeri Palembang, Senin (5/9/2022).

Dalam tuntutannya, JPU Kejati Sumsel, Anwar SH menyatakan ketiga terdakwa terbukti secara sah bersalah dan meyakinkan melakukan permufakatan jahat secara tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menyerahkan Narkotika Golongan I dalam bentuk bukan tanaman yang beratnya melebihi 5 gram.

"Ketiga terdakwa terbukti bersalah dan melanggar perbuatan sebagaimana diatur dalam Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Menuntut ketiga terdakwa dengan hukuman penjara seumur hidup," ujar JPU dalam sidang.

Mendengar tuntutan tersebut ketiga terdakwa melalui kuasa hukumnya dari Posbakum PN Palembang, Romaita SH mengatakan akan menyiapkan nota pembelaan.

"Ketiganya dituntut hukuman seumur hidup. Oleh karena itu sebagai kuasa hukum yang ditunjuk, kami akan siapkan nota pembelaan untuk ketiga terdakwa," ujar Romaita SH, usai persidangan.

Untuk diketahui, dalam dakwaan kejadian bermula saat Tim Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumsel mendapat informasi dari masyarakat bahwa ketiga terdakwa yakni, Hendri Khaidir, Afdal dan Erik Yantok melakukan transaksi narkotika jenis sabu-sabu.

Yang mana barang haram tersebut dibawa ketiga terdakwa dari Pekanbaru menuju Mesuji.

Namun, saat berada di Rest Area KM 277 Tol Palembang - Lampung, Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), petugas mendapati ada sebuah kendaraan yang terlihat mencurigakan.

Petugas mengikuti mobil tersebut, dan pada saat sampai di pintu keluar Tol Pematang Panggang Mesuji,Tim langsung menghentikan kendaraan tersebut, untuk melakukan penggeledahan.

Dan benar saja, dalam mobil tersebut ada tiga terdakwa, serta satu buah tas berukuran besar yang berisikan Narkotika jenis Sabu berjumlah 15 bungkus dengan Berat 14.960,59 Gram, yang terletak di bagasi belakang mobil. 

Para terdakwa berikut barang bukti langsung diamankan di Kantor BNNP Sumsel untuk diproses lebih lanjut. 

 

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved