Berita Prabumulih

Pemekaran Kelurahan dan Desa di Prabumulih, 20 Ribu Identitas Penduduk Bakal Diganti

"Dengan pemekaran ini maka alamat kelurahan berubah sehingga harus diubah KTP warganya, jumlahnya sekitar 20 ribu identitas kependudukan,"

Editor: Ahmad Farozi
edison/ts
Haryadi, Kadisdukcapil Kota Prabumulih 

SRIPOKU.COM, PRABUMULIH - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Prabumulih, Haryadi mengungkapkan, sebanyak 20 ribu lebih Kartu Tanda Kependudukan (KTP) yang akan diubah dan diganti.

Hal itu disebabkan adanya delapan kelurahan dan satu desa baru yang akan mekar menjadi kelurahan serta desa baru di kota Prabumulih.

"Dengan pemekaran ini maka alamat kelurahan berubah sehingga harus diubah KTP warganya, jumlahnya sekitar 20 ribu identitas kependudukan," ungkap Haryadi kepada wartawan, Rabu (31/8/2022).

Untuk identitas Kartu Keluarga (KK) kata Heryadi, sekitar 5000 lebih juga akan dilakukan pergantian. "Terkait permasalahan ini kita sudah sampaikan kepada pak Walikota dan Sekda kota Prabumulih untuk persiapannya," jelasnya.

Untuk mengatasi pergantian identitas baru karena peralihan menjadi warga di kelurahan baru itu, Haryadi mengaku pihaknya akan jemput bola dan menerima pergantian identitas secara kolektif.

"Pastinya kita akan turun lapangan melakukan pendataan langsung, jika nantinya sudah ada kelurahan maka kita langsung bergerak melakukan perubahan data penduduk," tegasnya.

Tidak hanya itu, Haryadi menambahkan untuk mendukung perubahan data KTP dan KK tersebut pihaknya juga telah menyampaikan ke Walikota dan DPRD terkait ketersediaan blanko serta peralatan yang sudah tua agar diberikan tambahan.

"Alhamdulillah baik Pemerintah kota maupun DPRD mendukung dan kita berharap nantinya peralihan data ini segera diselesaikan tanpa kendala," harapnya.

Seperti diketahui, Pemerintah kota Prabumulih memekarkan delapan kelurahan dan satu desa.

Delapan kelurahan itu antara lain di Kecamatan Prabumulih Timur yakni di Kelurahan Muaradua dimekarkan menjadi Muaradua Barat, Kelurahan Prabujaya dimekarkan menjadi Kelurahan Arimbi Jaya.

Sementara Kelurahan Gunung Ibul dimekarkan menjadi Kelurahan Gunung Ibul Timur, Gunung Ibul Selatan dan Gunung Ibul Utara.

Kemudian untuk pemekaran di Kecamatan Prabumulih Utara yakni Kelurahan Mangga Besar dimekarkan menjadi Kelurahan Sidogede. Lalu Kelurahan Wonosari dimekarkan jadi Kelurahan Sidomulyo, Kelurahan Patih Galung dimekarkan jadi Tebing Tanah Putih. Sedangkan satu desa yakni desa Pangkul dimekarkan menjadi dua Pangkul Jawa. (edison/ts)

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved