Presiden IMA Palembang Beri Orasi Ilmiah Sukses Bekerja dan Berusaha 

Presiden IMA Chapter Palembang Marzuki memberikan orasi ilmiah pada acara Yudisium Fakultas Ekonomi Universitas Palembang

Editor: adi kurniawan
Handout
Dirut BPR Sumsel Marzuki yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Palembang, memberikan orasi ilmiah pada acara Yudisium Fakultas Ekonomi Universitas Palembang di Hotel Aston, Selasa (30/8/2022). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Presiden Indonesia Marketing Association atau IMA Chapter Palembang Marzuki yang juga Direktur Utama Bank BPR Sumsel memberikan orasi ilmiah pada acara Yudisium Fakultas Ekonomi Universitas Palembang di Hotel Aston, Selasa (30/8/2022). 


Presiden IMA Chapter Palembang Marzuki dalam orasinya mengangkat tema pembekalan bagi wisudawan/wisudawati untuk memulai karir profesional atau berwirausaha.

Dirinya merinci apa saja yang harus dimiliki atau dilakukan oleh lulusan sarjana ini agar sukses memasuki dunia kerja atau juga bagi yang akan menjalankan bisnis. 


Pertama, Marzuki mengatakan para sarjana tersebut haruslah pintar, yakni materi yang dipelajari saat di bangku kuliah memberikan wawasan dan kepintaran sehingga sangat berguna saat memasuki dunia kerja atau memulai usaha. 


Kedua, wisudawan harus memiliki karakter karena karakter tidak bisa dibentuk di bangku kuliah tapi kita bentuk sendiri dengan melakukan kegiatan positif secara berulang kali dan terus menerus.

Karakter ini juga yang membuat kita bisa diterima di lingkungan baru dan bisa bekerjasama dengan tim. 


Ketiga hal yang harus dimiliki oleh lulusan sarjana ini yakni adaptif atau mau melihat peluang yang ada. Jangan hanya terpaku pada kemampuan diri saja dan " Idealisme" dengan ilmu yang dimiliki. Contohnya misalnya ada lowongan pekerjaan jurnalis tapi latarbelakang kemampuan ekonomi, namun jangan minder atau takut, coba saja dan lihat peluang tersebut.


Sebab jika mau belajar, mencoba hal baru, tantangan baru maka peluangnya lebih besar dibanding harus menunggu pekerjaan yang sesuai dengan bidang akademik kita. 


"Begitu juga dengan membuka usaha juga harus pintar memanfaatkan peluang sehingga menangkap permintaan pasar," kata Marzuki. 


Keempat, sarjana yang baru lulus ini juga harus kolaboratif yakni mengembangkan jaringan karena karir juga akan meningkat jika memiliki jaringan yang bagus. Begitu juga dengan berusaha maka ilmu marketing atau pemasaran juga harus dikuasi agar bisa membuat bisnis dikenal dan disukai pasar. 


Untuk membangun jaringan itulah, IMA membuka kesempatan bagi para wisudawan dan wisudawati untuk ikut IMA karena IMA mengajarkan banyak cara dan teknik pemasaran dan juga membangun jaringan. 


Terakhir, para wisudawan dan wisudawati ini juga diingatkan agar jangan takut bermimpi besar atau punya target besar sebab apa yang kita cita-citakan atau kita impikan jika kita ucapkan terus menerus dengan penuh keyakinan maka apa yang kita mimpikan akan tercapai karena percayalah bahwa bekerja dengan sungguh-sungguh, usaha dan doa, yakinlah pada qodho dan qodar Allah SWT.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved