Berita Palembang

Hadapi Popnas 2023, Tim Karate Sumsel Siapkan Full Team 19 Kelas

Cabor karate Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XVI Sumsel yang digelar 23-28 Agustus 2022 menyatakan bakal menyiapkan full team

Penulis: Abdul Hafiz | Editor: Odi Aria
Sripoku.com/Abdul Hafiz
Sekretaris Umum Federasi Komite Olahraga Nasional Indoenesia (Forki) Sumsel, Aliyudin Asral 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Sekum Pengprov Forki (Federasi olahraga Karate-Do Indonesia) Sumsel, Aliyuddin Asral menegaskan Karate Sumsel bakal menyiapkan full team  dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Sumsel 2023 mendatang. 


"Hasil ini pada saat Popda nanti kita akan full team karena kita sebagai tuan rumah maka ada 19 kelas untuk karate dan seluruhnya kita isi. Inilah salah satu keuntungan kita jadi tuan rumah kita akan full team.

Mengeluarkan seluruh kemampuan atlet Sumsel demi meraih prestasi lebih baik untuk ke depan," ungkap Aliyuddin Asral, Jumat (26/8/2022).

Di antaranya ada 15 nomor yang dipertandingkan pada Popda XVI Sumsel 2022 yakni KATA PERORANGAN PUTRA, KATA PERORANGAN PUTRI, KUMITE +76 KG PUTRA, KUMITE +59 KG PUTRI, KUMITE -76 KG PUTRA, KUMITE -59 KG PUTRI, KUMITE -68 KG PUTRA, KUMITE -53 KG PUTRI, KUMITE -61 KG PUTRA, KATA BEREGU PUTRA, KATA BEREGU PUTRI, KUMITE -48 KG PUTRI, KUMITE -55 KG PUTRA, KUMITE -42 KG PUTRI, KUMITE -50 KG PUTRA. 


"Kita lihat sangat kompetitif atlet yang bersaing di Popda ini. Kita ada talenskoting memantau akan melihat secara pasti siapa-siapa atlet dari Sumsel yang akan dibina lagi, akan TC agar pada tahun depan saat Popnas atlet karate benar-benar siap meraih prestasi," kata Aliyuddin. 


Selaku Kepala SONS (Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya), Aliyuddin bersyukur, SONS diberi kepercayaan untuk menyelenggarakan empat cabor yaitu karate, bola voli, sepaktakraw dan sepakbola pada Popda XVI Sumsel 2022 ini. 


"Kita berharap bahwa dalam pelaksanaan kegiatan ini kita akan meraih sukses karena anak-anak inilah yang akan menjadi wakil Provinsi Sumatera Selatan pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) yang InsyaAllah akan dilaksanakan di tahun 2023 dan kebetulan kita Sumsel menjadi tuan rumah," kata Aliyuddin yang juga Ketua Dewan Guru Perguruan Karate Wadokai. 


Untuk cabor karate dari 17 kabupaten/kota se-Sumsel Popda kali ini hanya ada dua kabupaten yang absen yakni dari PALI dan Muratara. 


"Untuk itu kami berharap atlet-atlet yang ada di sini yang bertanding di Popda Sumsel XVI khususnya Cabor karate yang jumlahnya 102 orang InsyaAllah hari ini bisa diselesaikan dan kita akan mendapatkan atlet-atlet yang tangguh.

Ini juga akan mengangkat nama baik Provinsi Sumsel," kata Aliyuddin Asral yang juga Bendahara KONI Kota Palembang. 


Seperti diketahui Sumsel pada PON lalu kesulitan meraih prestasi, untuk itu pada saat ini akan melaksanakan Popnas di Sumsel bertekad akan mendapatkan hasil yang terbaik dari seleksi pada saat ini. 


"Sudah pasti ini akan menjadi ajang seleksi. Baik cabor karate maupun cabor yang lain. Kita nanti sebagai penyelenggara, sebagai tuan rumah. Kita harapkan menghasilkan atlet-atlet terbaik di Popda inilah sebagai penjaringan," ujarnya. 


Selesai dari sini, Sumsel punya waktu satu tahun untuk di-TC-kan, dibina selama satu tahun. Dan InsyaAllah di tahun depan Sumsel benar-benar siap untuk meraih prestasi tertinggi pada Popnas 2023

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved