Berita Muratara

Festival Danau Rayo Agenda Tahunan, Herman Deru Konsisten Tumbuhkan Potensi Pariwisata Muratara

Festival Danau Rayo di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) yang secara resmi dibuka langsung oleh Gubernur Sumsel Herman Deru

Editor: bodok
SRIPOKU.COM/Humas Pemprov Sumsel
Gubernur Sumsel H Herman Deru berada ditengah-tengah remaja putri pada pegelaran Festival Danau Rayo di Kabupaten Musi Rawas Utara, Rabu (24/8/2022). 

SRIPOKU.COM, MURATARA - Gubernur Sumsel H Herman Deru secara konsisten mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Sumsel.

Hal itu dibuktikan dengan digelarnya Festival Danau Rayo di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) yang secara resmi dibuka langsung oleh Gubernur Sumsel Herman Deru, Rabu (24/8/2022).

Menurut Herman Deru pengembangan potensi pariwisata seperti di Danau Rayo di Kabupaten Muratara memang harus masif dilakukan.

Gubernur Sumsel H Herman Deru berfoto bersama masyarakat Muratara dan remaja putra
Gubernur Sumsel H Herman Deru berfoto bersama masyarakat Muratara dan remaja putra dan putri pada pegelaran Festival Danau Rayo di Kabupaten Musi Rawas Utara, Rabu (24/8/2022).

Apalagi di Sumsel sendiri hanya beberapa daerah yang memiliki aset danau dan keindahan alam.

"Tidak semua daerah di Sumsel yang memiliki aset seperti danau ini. Di Sumsel ini hanya ada tiga kabupaten yang mempunyai danau yakni OKU Selatan, Musi Banyuasin dan Muratara ini," kata Herman Deru.

Sebab itu, Herman Deru menekankan agar Danau Rayo di Kabupaten Muratara ini dikelola dengan baik sehingga termanfaatkan.

"Pemerintah setempat dan masyarakatnya harus sinergi untuk mengelola danau ini. Sebab, danau ini dapat menjadi benteng bagi ekonomi masyarakat dan menumbuhkan beberapa sektor di Muratara ini," terang Herman Deru.

Gubernur Sumsel H Herman Deru berfoto bersama dengan Pejabat di Pemerintahan Muratara
Gubernur Sumsel H Herman Deru berfoto bersama dengan Pejabat di Pemerintahan Muratara pada pegelaran Festival Danau Rayo di Kabupaten Musi Rawas Utara, Rabu (24/8/2022).

Herman Deru menyebut, jika danau tersebut terkelolah dengan baik, maka berbagai bidang di sektor ekonomi juga akan turut tumbuh seperti angkutan massal, berkembangnya UMKM yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

"Pemerintah dan dinas terkait saya minta harus mengelolanya dengan profesional dan berkesinambungan," jelas Herman Deru.

Bahkan, lanjutnya, jika danau tersebut sudah terkelola dengan baik, maka investor tidak akan ragu untuk menanamkan modalnya untuk pengembangan Danau Rayo tersebut.

"Dalam mengelola aset danau ini, harus dimulai dengan menjaga kelestarian alam dan lingkungannya. Yang patah, harus ditumbuhkan lagi dan yang hilang harus ditanam lagi sehingga air di danau ini dapat terjaga serta biota yang hidup di dalam danau ini bisa terus tumbuh," papar Herman Deru.

Dalam menjaga kelestarian danau tersebut juga tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah.

"Kelestarian alam di kawasan ini tidak bisa hanya pemerintah tapi juga ditopang oleh kesadaran masyarakatnya," bebernya.

Oleh karena itu, agar pengelolaan danau tersebut dapat berkelanjutan, Gubernur Herman Deru menekankan agar festival danau rayo tersebut dapat dijadikan agenda tahunan Kabupaten Muratara dan Provinsi Sumsel.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved