Berita Pali

Sekda PALI Kartika Yanti Buka Pentas Seni dan Budaya, Gali Potensi Lestarikan Budaya yang Ada 

Sekretaris Daerah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sekda PALI Kartika Yanti membuka pentas seni dan budaya.

Penulis: Reigan Riangga | Editor: bodok
SRIPOKU.COM/cr2
Sekda PALI Kartika Yanti bersama Plt Kadisbudpar PALI Novita Febrianti, Ketua Dewan Kesenian PALI berfoto bersama dengan peserta, di Lapangan Ampera terminal Pendopo Kecamatan Talang Ubi, Selasa (23/8/2022). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Reigan 

SRIPOKU.COM, PALI - Sekretaris Daerah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sekda PALI Kartika Yanti membuka pentas seni dan budaya.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten PALI, bertempat di Lapangan Ampera terminal Pendopo Kecamatan Talang Ubi, Selasa (23/8/2022).

Sekda PALI Kartika Yanti meminta melalui kegiatan ini, bisa mengembangkan seni dan budaya yang ada di Kabupaten PALI

"Serta yang paling penting adalah, motivasi pemuda pemudi PALI agar menjaga keragaman budaya yang ada sebagai bentuk kecintaan kita terhadap Kabupaten PALI," kata Kartika Yanti.

Turut hadir dalam acara ini Dewan Kesenian Kabupaten PALI.

Pemangku Adat, H Sedi Suhardi, perwakilan Koramil Talang Ubi, Camat dan lurah se-Kabupaten PALI serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Plt Kadisbudpar PALI Novita Febrianti menerangkan, kegiatan yang digelar merupakan amanat undang-undang tentang melestarikan kebudayaan. 

Selain itu, kegiatan yang mengangkat tema Dengan Semangat Proklamasi Kita Lestarikan Kesenian dan Budaya Khas Kabupaten PALI digelar dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-77 tahun 2022.

"Tujuan digelarnya pentas seni dan budaya tentunya untuk melestarikan kebudayaan khususnya aspek seni dan lisan. Menciptakan generasi muda yang bangga dan aktif dalam melestarikan budaya asli Bumi Serepat Serasan," ujar Novita Febrianti.

Tercatat ada dua kategori yang dilombakan, yaitu lomba tari tradisional dan lomba senjang. 

"Untuk senjang ada 10 grup yang berasal dari tiga kecamatan yakni Talang Ubi, Abab dan Penukal Utara. Untuk lomba tari tradisional ada 11 grup yang berasal dari lima kecamatan," tambah Novita Febrianti. 

Ketua Dewan Kesenian Kabupaten PALI, Drs Arpan Manaman berharap melalui kegiatan ini bisa menggali potensi budaya yang ada di Kabupaten PALI

"Terus menggali potensi-potensi budaya agar bermanfaat untuk kabupaten PALI," ucap Novita Febrianti. (cr2)


Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved