Gajah Meli Teror Warga Desa Suka Negeri Banding Agung OKU Selatan 'Belalainya Pernah Masuk ke Dapur'

Gajah Mekakau Ilir (Meli) kembali meneror warga Desa Suka Negeri Kecamatan Banding Agung, Kabupaten OKU Selatan

Penulis: Alan Nopriansyah | Editor: adi kurniawan
SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH
Warga Desa Suka Negeri Kecamatan Banding Agung berjaga-jaga akan kedatangan gajah liar yang dikenal dengan Gajah Makakau Ilir, Minggu (21/8/2022). 

SRIPOKU.COM, MUARADUA -- Gajah Mekakau Ilir (Meli) kembali meneror warga Desa Suka Negeri Kecamatan Banding Agung, Kabupaten OKU Selatan, dengan merusak kebun warga hingga mendatangi salah satu rumah warga.


Hewan gajah liar berjenis kelamin betina yang merupakan Gajah Mekakau Ilir belakangan terakhir kerap terlihat mondar-mandir disekitaran kebun dan semak belukar area Desa setempat menimbulkan rasa ketakutan warga.


Salah seorang warga, Merin (36) warga Desa Suka Negeri Kecamatan Banding Agung menuturkan, sempat didatangi Gajah Mekakau Ilir saat subuh dinihari.


Dituturkannya, kedatangan gajah liar yang membuatnya trauma, saat penghuni rumah tengah tidur, Jumat (19/8) pukul 03.WIB dinihari, datang dari arah kebun kopi belakang rumah yang diketahui sudah memasukan belalai ke lubang pentilasi bagian dapur.


"Waktu itu kita lagi tidur, pukul 03.00 WIB, subuh, terbangun ada suara-suara pas di cek kita syok belalainya sudah masuk ke lubang pentilasi dapur," tutur Merin dibincangi, Minggu (21/8).


Merin yang syok tak tau harus berbuat apa, apalagi saat itu anak dan istri masih tidur pulas, memilih tak banyak menimbulkam gerakan serta tak hentinya berdo'a sembari bersujud, agar tak diganggu.


"Saya sudah syok, tak hentinya berdo'a agar selamat, selang beberapa lama alhamdulillah dia pergi,"ungkapnya.


Warga yang resah kini enggan beraktivitas ke kebun terlebih pemerintah Kecamatan sudah mengeluarkan himbauan untuk sementara tak beraktivitas di kebun. Salah seorang warga lainnya Hamdan berharap pemerintah terkait dapat segera mengatasi permasalahan hewan liar.


"Kami warga sini, memohon pada pihak terkait secepatnya dapat mengatasi hal ini, sebab kita yang takut juga sudah dihimbau untuk tidak beraktivitas di kebun dulu,"ujar Hamdan warga lainnya.


Sementara Camat Banding Agung Adi Syaputra, SH membenarkan adanya seekor gajah yang sudah memasuki pemukiman warga hingga merusak pondok dan tanam tumbuh.


"Ya, memang sudah seekor gajah liar yang sudah masuk ke pemukiman warga hingga jalan raya, serta sudah ada beberapa pondok tinggal yang dirusak,"ujar Camat.


Sehubungan dengan Hal itu, Adi Syaputra yang  mengkhawatirkan warganya karena belum adanya tindakan dari KSDA. Namun diakuinya pihaknya sudah melaporkan ke BKSDA OKU Raya dan Pemerintah Daerah.


"Yah, selaku pemerintah Kecamatan terhadap warga agak menghawatirkan bila ini belum ada tindakan. Tapi sudah kita laporkan ke Bupati dan koordinasi dengan KSDA,"ungkapnya.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved