Berita Pali

Harga Telur Naik Rp30 Ribu Per Kg, Pengusaha Kue di Pali Mengeluh

Pemilik usaha kue di Kabupaten Pali saat ini mengeluhkan harga telur naik Rp30 per kg dari harga sebelumnya Rp25 ribu per kg.

Penulis: Reigan Riangga | Editor: Ahmad Farozi
reigan/sripoku.com
Harga telur ayam di Pasar Inpres Talang Ubi Kabupaten Pali, kini naik. Dari harga semula Rp25 ribu per kg, kini harganya naik jadi Rp30 per kg. Tampak suasana Pasar Inpres Pendopo Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Pali, Jumat (19/8/2022). 

SRIPOKU.COM, PALI - Harga telur ayam di Pasar Inpres Talang Ubi Kabupaten Pali, kini naik. Dari harga semula Rp25 ribu per kg, kini harganya naik jadi Rp30 per kg.

Naiknya harga telur ayam ini berdampak kegiatan usaha masyarakat. Seperti dialami Kamelia (45) warga Kelurahan Handayani Mulya Kecamatan Talang Ubi Kabupaten yang memiliki usaha penjualan kue.

Dia mengeluhkan naiknya harga telur dalam beberapa hari terakhir yang mencapai Rp30 ribu per kg. Dia menghabiskan sedikitnya 3 kilogram telur per hari untuk membuat adonan kue.

Dengan naiknya harga telur, maka kini keuntungan dari jualan kuenya berkurang.

"Untung penjualan terpaksa berkurang. Karena kalau mau naikkan harga jual kue, takutnya pelanggan malah kabur tidak mau beli kue lagi," ujarnya, Jumat (19/8/2022).

Pelaksana TUgas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Pali, Teguh Eko Sutrisno mengatakan, kenaikan harga telur diduga karena permintaan pasar meningkat akibat ramainya kegiatan satu pekan terakhir.

Dijelaskan, komuditas Telur ayam merupakan salah satu bahan baku banyak makanan olahan. Mulai dari kue kering, kue basah atau makanan berat.

Sedangkan banyaknya momen perayaan pekan ini membuat tingginya permintaan akan telur sebagai bahan baku makanan olahan.

"Sementara stok kita dibeberapa suplier tidak bertambah. Namun kenaikan ini tidak akan menyebabkan inflasi. Karena penyebabnya tidak permanen hanya di faktor hilir saja," ujarnya.

Pihaknya juga selalu memantau perkembangan harga di pasar setempat.

"Terbaru saat hari kami meninjau di pasar menemukan harga telur yang berada di Kisaran Rp29 ribu sampai dengan Rp30 ribu. Tentu harga pasar akan selalu kami pantau," katanya.

Adapun harga sejumlah bahan pokok di Pasar Inpres Pendopo Kecamatan Talang Ubi saat ini, cabai merah Rp 60 ribu per kg, daging ayam Rp30 ribu per kg dan daging sapi Rp130 ribu per kg.

Kemudian harga bawang merah Rp35 ribu kg, bawang putih Rp22 ribu per kg, beras Rp12 ribu per kg dan gula Rp14 ribu per kg.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved