Berita Lahat

10 Unit Rumah di Lahat Terbakar, Samiah Hanya Bisa Selamatkan Surat Penting

Sedikitnya 10 unit rumah di kawasan Talang Banten Kelurahan Pasar Lama Kecamatan Lahat, terbakar Senin (15/8/2022) sekitar pukul 13.50.

Penulis: Ehdi Amin | Editor: Ahmad Farozi
ehdi amin
Sedikitnya 10 unit rumah di kawasan Talang Banten Kelurahan Pasar Lama Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat, terbakar, Senin (15/8/2022) sekitar pukul 13.50. 

SRIPOKU.COM, LAHAT - Kebakaran terjadi di kawasan Talang Banten Kelurahan Pasar Lama Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat, Senin (15/8/2022) sekitar pukul 13.50.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun sedikitnya 10 unit rumah milik warga setempat terbakar. Enam diantaranya rusak berat dan empat rusak ringan.

Bermula ketika warga melihat asap hitam membumbung dari rumah milik Mina Iskandar (60). Melihat hal itu, warga kemudian beramai ramai berupaya memadamkan api dengan alat seadanya.

Namun upaya warga terkendala sulitnya menuju lokasi, karena aksesnya sempit. Selain itu, cuaca yang terik dan rumah yang terbuat dari papan, membuat rumah sangat cepat dilalap api.

Tak hanya melalap rumah milik Mina Iskandar saja. Api kemudian merambat ke rumah-rumah warga sekitar. Hingga kemudian melahap 9 unit rumah lainnya dilokasi tersebut.

Salah seorang warga yang rumahnya ikut terbakar, Samiah (65) hanya bisa pasrah dengan kejadian yang menimpanya. Dengan raut sedih, dia mengatakan, sebagian besar barang-barang dan harta bendanya terbakar.

"Tidak banyak yang bisa diselamatkan. Begitu api tambah besar, kami menyelamatkan surat surat penting dan harta yang mudah dibawa. Pasrah. Kami berharap bantuan pak," katanya.

Dedi, warga sekitar menuturkan, saat kejadian dia sedang istirahat dalam rumah. Tiba-tiba dia mendengar teriakan ada kebakaran. Lalu warga sekitar berupaya memadamkan api.

Saat kejadian, mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Lahat tiba dilokasi dan langsung memadamkan api. Sehingga kebakaran tidak meluas.

Kasat PoL PP dan Damkar Pemkab Lahat, Herry Kurniawan menjelaskan, akibat kejaidan itu ada 10 rumah warga yang terbakar. Enam rumah mengalami rusak berat dan emat rumah rusak ringan.

Adapun 10 unit rumah tersebut milik Mina Iskandar (60), Baduul Muib (49), Sardi (53), Japo (37), Samiah (65), Rusidi (58), Yusmawati (50), Hasan (56), Bahrol (58) dan Lolon (23).

"Api bermula dari rumah Mina Iskandar. Untuk penyebab kebakaran diduga dari sambungan pendek arus listrik," kata Herry Kurniawan.

"Dalam upaya pemadaman diturunkan satu unit Mobil tanki suplay, satu unit mobil suplay BPBD, satu unit mobil suplay DLH dengan melibatkan 30 personil damkar," sambungnya.

Dikatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Sementara kerugian materi mencapai ratusan juta rupiah.

Sumber:
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved