Berita Muara Enim

AKP Indrowono: Kendaraan Lama Tidak Diwajibkan Ganti Plat Putih

Kapolres Muara Enim AKBP Aris Rusdiyanto SIk MSi melalui Kasat Lantas AKP Indrowono SH MSi, akan melakukan pergantian plat nomor

Penulis: Ardani Zuhri | Editor: bodok
SRIPOKU.COM/Ardani Zuhri
Kasat Lantas Polres Muara Enim AKP Indrowono SH MSi 

SRIPOKU.COM, MUARA ENIM - Kapolres Muara Enim AKBP Aris Rusdiyanto SIk MSi melalui Kasat Lantas AKP Indrowono SH MSi, akan melakukan pergantian plat nomor berwarna dasar Hitam ke Putih, terkecuali kendaraan lama tidak diwajibkan ganti plat putih.

Bagi kendaraan baru yang wajib mengganti plat Nomor Polisi (Nopol) 5 tahun sekali, untuk kendaraan lama tidak wajib mengganti plat.

“Kita tidak akan merugikan masyarakat dalam proses pergantian ini. Masyarakat tidak diwajibkan mengganti TNKB-nya ketika masih berlaku oleh karena ada biaya PNBP atas setiap material TNKB,” ujar Kasat Lantas Muara Enim AKP Indrowono SH MSi, Kamis (11/8/2022) kemarin.

Menurut AKP Indrowono, perubahan warna dasar plat nomor kendaraan tersebut, akan direalisasikan secara bertahap. Sebab, harus menghabiskan plat stock lama.

Untuk Kabupaten Muara Enim, mendapat kuota sebanyak 1900 pasang plat warna Putih yang akan diperuntukan kendaraan baru seperti sepeda motor, mobil baru serta pergantian nopol lima tahunan.

Perubahan warna plat nomor kendaraan menjadi Putih bertujuan agar kamera ETLE bisa menyorot angka plat nomor secara jelas.

Perubahan warna plat nomor polisi ini, sesuai Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

Bagi masyarakat mengganti sendiri plat warna Putih tidak boleh karena plat tersebut harus sesuai dengan TNKB dan spesifikasi. 

“Tidak disarankan bagi pemilik kendaraan mengganti sendiri plat warna Putih. Sebab ketebalan plat dan besaran ukuran plat jelas berbeda,” tegasnya. (ari)

 

 

 

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved