Berita Jambi

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Bangkitkan Ekonomi Masyarakat melalui Kampung Lele Eka Jaya

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel terus berupaya membangkitkan ekonomi dan menumbuhkan kemandirian masyarakat.

Editor: bodok
SRIPOKU.COM/Humas Pertamina Patra Niaga
Tumpahkan ikan lele, pihak Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel terus berupaya membangkitkan ekonomi dan menumbuhkan kemandirian masyarakat melalui program Kampung Lele Eka Jaya yang berada di RT 29 Kelurahan Eka Jaya Kecamatan Paal Merah Kota Jambi. 

SRIPOKU.COM, JAMBI - Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel terus berupaya membangkitkan ekonomi dan menumbuhkan kemandirian masyarakat melalui Program Kampung Lele Eka Jaya.

Program Kampung Lele Eka Jaya yang berada di RT 29 Kelurahan Eka Jaya Kecamatan Paal Merah Kota Jambi.
 
Program ini selaras dengan upaya perseroan dalam mendukung mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan yaitu tujuan Tanpa Kemiskinan dan Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Ikan lela pertamina patra niaga
Ikan lele, pihak Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel terus berupaya membangkitkan ekonomi dan menumbuhkan kemandirian masyarakat melalui program Kampung Lele Eka Jaya yang berada di RT 29 Kelurahan Eka Jaya Kecamatan Paal Merah Kota Jambi.

 

Program Kampung Lele Eka Jaya sendiri dimulai sejak tahun 2020 dan diawali dengan budidaya ikan lele, hal ini didasarkan pada minat masyarakat yang tertarik pada bidang perikanan dan didukung dengan masih banyaknya lahan kosong yang tidak dimanfaatkan secara maksimal.
 
Tidak hanya pengembangan budidaya ikan lele, kelompok Kampung Lele Eka Jaya ini juga mengembangkan budidaya ikan tawar lainnya seperti ikan nila untuk menyesuaikan pasar yang sedang berkembang.

Hal ini tentunya sebagai salah satu upaya dalam penganekaragaman ikan air tawar serta pemanfaatan limbah untuk hidroponik.
 
Selain itu Program Kampung Lele Eka Jaya juga mulai mengembangkan usaha lainnya dengan membuat makanan olahan berbahan dasar ikan lele diantaranya stick lele, abon lele, kerupuk tulang lele, lele asap, dan aneka jenis makanan olahan lainnya.
 
Area Manager Communication, Relation, & CSR Pertamina Regional Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan mengatakan, melalui program ini Pertamina ingin meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di Kelurahan Eka Jaya agar lebih berdaya dan mandiri. 
 
"Melalui program Kampung Lele Eka Jaya, Pertamina ingin turut serta membantu meningkatkan perekonomian serta tentunya menciptakan alternatif lapangan pekerjaan bagi masyarakat," ujar Tjahyo Nikho Indrawan.

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel terus berupaya membangkitkan ekonomi
Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel terus berupaya membangkitkan ekonomi dan menumbuhkan kemandirian masyarakat. Salah satunya melalui program Kampung lele Eka Jaya, yang berada di RT 29 Kelurahan Eka Jaya Kecamatan Paal Merah Kota Jambi.

 
Sebagai wujud nyata untuk membangkitkan geliat usaha para pelaku UMKM, Pertamina patra Niaga Regional Sumbagsel memberikan bantuan senilai Rp 450 juta untuk pengembangan usaha yang diperuntukkan bagi para anggota yang tergabung dalam Kampung Lele Eka Jaya tersebut dan disalurkan secara bertahap.
 
Samiyo Edi, Ketua Kelompok Kampung Lele Eka Jaya di Jambi mengatakan bantuan yang diterima dari Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel sangat membantu bagi para anggota Kampung Lele Eka Jaya dalam pengembangan dan peningkatan ekonomi masyarakat.
 
"Alhamdulillah, saya benar-benar bersyukur Pertamina masih terus memberikan kepercayaan kepada kami dalam menjalankan Program Kampung Lele Eka Jaya yang dapat membantu kami dalam peningkatan ekonomi. Bantuan ini sangat berarti bagi para anggota untuk memaksimalkan potensi pasar yang masih cukup besar," kata Samiyo.
 
Samiyo menambahkan, Pertamina tidak sekedar memberikan bantuan dalam bidang infrastruktur saja, melainkan turut memberikan pendampingan, baik itu pelatihan, hingga pemasaran. 
 
"Kelompok kami sangat beruntung karena menjadi bagian dari mitra binaan Pertamina. saat ini kami sudah memiliki 9 kolam budidaya, dalam satu kali panen, satu orang bisa menghasilkan Rp 1,5 Juta dalam sebulan dengan total anggota 7 orang. Dalam setahun total pendapatan Kelompok Kampung Lele Eka Jaya sebesar Rp 126 juta," Tambahnya.
 
Jika mengacu pada Sustainable Development Goals (SDGs), Program ini mendukung 2 tujuan SDGs diantaranya Tujuan ke-8 Meningkatkan pertumbuhan  ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh, serta pekerjaan yang layak untuk semua, dan tujuan ke-17 Menguatkan sarana pelaksanaan dan merevitalisasi kemitraan Global untuk pembangunan berkelanjutan.

 

 

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved