Berita Muara Enim

Gubernur Sumsel Bakal Hadiri Tradisi Melemang dan Panen Raya di Desa Karang Raja Muara Enim

Gubernur Sumsel Herman Deru akan melakukan kunker ke Desa Karang Raja Muara Enim seperti tradisi melemang hingga Panen Raya Padi IP 200

Penulis: Ardani Zuhri | Editor: adi kurniawan
SRIPOKU.COM/Ardani Zuhri
Suasana rapat Pengecekan Persiapan Panen Raya Padi Sawah IP 200 dan Peringatan 10 Muharram (Melemang) di aula Desa Karang Raja, Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim, Jumat (5/8/2022). 

SRIPOKU.COM, MUARA ENIM --- Jika tidak ada aral melintang, Gubernur Sumsel Herman Deru akan melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Desa Karang Raja, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Selasa (9/8/2022).

Adapun Kunker kali ini, akan melakukan Panen Raya Padi IP 200, Menghadiri kegiatan Melemang dan melakukan Launching Vaksin PMK serta meresmikan Wisata Tembelang Desa Karang Raja yang berkerjasama dengan Rindam II Sriwijaya.

"Saya harap hasil seluruh kegiatan kelapangan hari ini, sudah mengetahui seluruh kekurangan dan untuk dilengkapi sehingga pada hari H sudah siap," kata Pj Sekda Muara Enim H Riswandar SH MH didampingi Kadin TPH Muara Enim Ulil Amri dan kepala OPD terkait lainnya.

Pada rapat sendiri meliputi Pengecekan Persiapan Panen Raya Padi IP 200 dan Peringatan 10 Muharram (Melemang) di aula Desa Karang Raja, Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim, Jumat (5/8/2022).

Menurut Riswandar, rapat kali ini adalah rapat persiapan terakhir oleh panitia dengan melakukan pengecekan dilapangan untuk memastikan semua kegiatan bisa terlaksana sesuai rencana. Untuk itu, kepada OPD dan pihak terkait yang telah diberikan tanggung jawab untuk melaksanakan sebaik-baiknya.

Sementara itu Kepala Desa Karang Raja Okta Vianty Am.Keb bahwa sesuai rencana ada empat kegiatan yang akan dilaksanakan di Desa Karang Raja pada kunjungan kerja Gubernur Sumsel nanti yakni Panen Raya Padi Sawah IP 200,  Peringatan 10 Muharram (Melemang), Vaksinasi PMK dan peresmian Desa Wisata Tembelang.

Dari empat kegiatan tersebut, lanjut Oktav, untuk kegiatan tradisi melemang adalah merupakan adat Desa Karang Raja yang sudah turun temurun dilakukan sejak nenek moyang.

Dimana setiap menyambut 10 Muharram selalu diadakan adat tradisi melemang yang merupakan tanda syukur atas nikmat dan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT yang ditandai dengan usai panen raya padi tersebut.

Sertam ketika tradisi melemang digelar semua sanak family keluarga besar pulang kampung ke Desa Karang Raja untuk bersilaturahmi.

Kemudian untuk Desa Wisata Tembelang yang bekerjasama dengan Rindam II/SWJ nanti akan dikelola oleh Bundes Karang Raja, dimana dalam lokasi tersebut akan mempunyai berbagai fasilitas seperti Flying fox, Motor ATV, Fine Ball, Kolam wisata, Kuliner, Bebek-bebekan dan sebagainya yang terus akan dilengkapi.

Dinamai Desa Wisata Tembelang karena nama Tembelang tersebut adalah Puyang yang merupakan asal usul berdirinya desa Karang Raja.

"Ini lebih meriah dan ramai dari menyambut Idul Fitri. Semua orang bisa makan gratis Lemang cukup datang saja pas perayaan bisa makan lemang dimana saja asal rumah tersebut membuat Lemang," ujar Kades.

Kedepan, lanjut Oktav, pihaknya berharap kepada pemerintah untuk bisa mendukung kegiatan panen raya dan adat Melemang yang selalu dilaksanakan setiap tahun untuk menjadi agenda wisata di Kabupaten Muara Enim karena selalu diperingati setiap tanggal 10 Muharram.

"Hanya pada tahun 2021 lalu tidak digelar perayaan besar-besaran karena Covid-19. Warga tetap memasak Lemang tetapi hanya untuk rumah masing-masing. Nah tahun ini akan kembali digelar besar-besaran seperti biasa," ujarnya.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved