AMERIKA 11 Kapal Induk, Beijing Cuma 3, Besar Tapi Bukan Terkuat: Ini Dia Peta Kekuatan AS-China

Menurut Angkatan Laut AS, jumlah kapal Angkatan Laut China diperkirakan akan mengingkat hampir 40 persen pada 2020 hingga 2040.

Editor: Wiedarto
China Daily
Foto Pasukan Militer China. 

SRIPOKU.COM--Ketika situasi memanas soal Taiwan dari kedua negara, beberapa pihak mungkin kini bertanya-tanya tentang perbandingan kekuatan militer China vs militer AS. Berikut adalah analisis tentang seberapa kuat militer China dibandingkan oleh AS saat ini dan mungkin kah China memenangkan perlombaan senjata global, yang dirangkum wartawan BBC News, David Brown.

Sejumlah pengamat militer Barat meyakini bahwa kekuatan militer global tengah bergeser. Presiden Xi Jinping telah memerintahkan agar kekuatan militer China dimodernisasi pada 2035, sehingga China bisa menjadi kekuatan “kelas dunia“ dan bisa “memenangkan perang persenjataan“ pada 2049.


China telah merilis kapal induk tipe 003, Fujian, di Shanghai pada Juni lalu, yang merupakan kapal perang tercanggih yang pernah dibuat di China. Kapal induk ini juga merupakan yang ketiga yang dimiliki China. Berbeda dengan dua kapal induk sebelumnya, Fujian dirancang sendiri oleh para insinyur China.

Para profesional militer menilai sistem peluncuran pesawat elektromagnetik yang dimiliki Fujian meningkatkan kapasitas angkatan laut China secara signifikan. Sistem tersebut memungkinkan pesawat dikerahkan lebih cepat dan mengangkut pesawat yang lebih berat. Belum jelas berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menguji coba Fujian serta kapan kapal induk itu akan bertugas sebagai armada Angkatan Laut China.


Tetapi yang jelas, Fujian akan melengkapi armada angkatan laut terbesar yang telah menyalip AS pada 2014. Membandingkan jumlah kapal secara sederhana memang mengabaikan beberapa faktor lain yang menentukan kekuatan Angkatan Laut. Namun, para pakar berpendapat bahwa menganalisis tren terkait ini juga berguna.

Untuk saat ini, AS masih lebih unggul dari segi kapasitas angkatan laut, dengan jumlah 11 kapal induk, yang jelas lebih banyak dibanding tiga kapal induk China. AS juga memiliki lebih banyak kapal selam bertenaga nuklir, kapal penjelajah, dan kapal perusak –atau kapal perang yang lebih besar.

Namun, China diperkirakan akan menambah kekuatan angkatan lautnya secara signifikan. Menurut Angkatan Laut AS, jumlah kapal Angkatan Laut China diperkirakan akan mengingkat hampir 40 persen pada 2020 hingga 2040. Mantan Kolonel Senior Tentara Pembebasan Rakyat dari Universitas Tsinghua di Beijing, Zhou Bo mengatakan ekspansi laut China “sangat penting“ dalam melawan ancaman di laut terhadap negara itu. “Persoalan utama yang kami hadapi adalah apa yang kami anggap sebagai provokasi AS di perairan China,” ucap dia.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved