CUEKI Kemarahan China, Ketua DPR AS Terbang ke Taiwan, Armada Kapal Perang AS-China Siaga Perang

Diberitakan Reuters, empat kapal perang AS, termasuk sebuah kapal induk, telah ditempatkan di perairan timur Taiwan

Editor: Wiedarto
kontan.co.id
Kapal induk AS memasuki Laut China Selatan, saat pesawat tempur China ancam Taiwan 

SRIPOKU.COM, JAKARTA--Meski China berulangkali protes keras terhadap rencana kunjungannya, namun Ketua DPR AS Nancy Pelosi cuek. Ia tetap pada rencana semula mengunjungi Taiwan sebagai salah satu negara tujuan lawatan di Asia.

Ketegangan pun memuncak. Amerika Serikat dan China dalam kondisi siaga perang. Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengerahkan empat kapal perang di perairan timur Taiwan saat Ketua DPR AS Nancy Pelosi diagendakan menuju Taipei dari Malaysia.

Diberitakan Reuters, empat kapal perang AS, termasuk sebuah kapal induk, telah ditempatkan di perairan timur Taiwan dalam apa yang disebut Angkatan Laut AS sebagai pengerahan rutin pada Selasa (2/8/2022). Situasi ini nyatanya terjadi di tengah kemarahan China atas wacana kunjungan Ketua DPR AS ke Taiwan.

"Kapal induk USS Ronald Reagan telah transit di Laut Cina Selatan dan saat ini berada di Laut Filipina, di sebelah timur Taiwan-Filipina, dan selatan Jepang," kata seorang pejabat Angkatan Laut AS kepada Reuters. Reagan yang berbasis di Jepang beroperasi dengan kapal penjelajah peluru kendali, USS Antietam, dan sebuah kapal perusak, USS Higgins.

"Meskipun mereka mampu menanggapi segala kemungkinan, ini normal, pengerahan rutin," kata pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim.

Pejabat itu mengatakan kapal serbu amfibi USS Tripoli juga berada di daerah itu. Pelosi sendiri diperkirakan akan tiba di Taipei pada Selasa malam waktu setempat. Hal ini merujuk pada keterangan yang disampaikan oleh beberapa orang yang diberi pengarahan tentang agenda Ketua DPR AS selama menjalani tur di Asia. Pelosi adalah seorang kritikus lama China.


Menjelang kunjungannya ke Taiwan, telah muncul tanda-tanda aktivitas militer di kedua sisi Selat Taiwan. Pesawat-pesawat China telah terbang dekat dengan garis tengah yang membagi jalur perairan pada Selasa pagi. Selain itu, beberapa kapal perang China dilaporkan tetap berada di dekat garis pemisah tidak resmi sejak Senin (1/8/2022). Kementerian Pertahanan dan Luar Negeri China tidak segera menanggapi permintaan komentar Reuters.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Sumber: Idea
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved