Berita Palembang

BNPT Bersama KSOP Kelas II Palembang dan PELINDO Mengadakan Sosialisasi & Asesmen Keamanan Pelabuhan

BNPT Bersama KSOP Kelas II Palembang dan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Palembang mengadakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Badan

Editor: bodok
SRIPOKU.COM/Humas Pelindo
Direktur Perlindungan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Brigjen Pol Drs Imam Margono, Kepala KSOP Kelas II Palembang Letkol Mar Triyanto, dan General Manager Pelindo Regional 2 Palembang Imam Rahmiyadi serta perwakilan dari perusahaan BUMN dan swasta yang memiliki Terminal Khusus (TERSUS) dan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) yang comply ISPS Code di wilayah kerja KSOP Kelas II Palembang, pada acara BNPT Bersama KSOP Kelas II Palembang dan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - BNPT Bersama KSOP Kelas II Palembang dan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Palembang mengadakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Nomor 3 Tahun 2020 dan Asesmen Sistem Pengamanan pada Pelabuhan Boom Baru di Ruang Musi, Selasa (02/8/2022). 

Kegiatan sosialisasi Peraturan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 2 Agustus 2022 sampai dengan 5 Agustus 2022.

Dihadiri oleh Direktur Perlindungan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Brigjen Pol Drs Imam Margono, Kepala KSOP Kelas II Palembang Letkol Mar Triyanto, dan General Manager Pelindo Regional 2 Palembang Imam Rahmiyadi serta perwakilan dari perusahaan BUMN dan swasta yang memiliki Terminal Khusus (TERSUS) dan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) yang comply ISPS Code di wilayah kerja KSOP Kelas II Palembang.

Suasana acara BNPT Bersama KSOP Kelas II Palembang dan PT Pelabuhan Indonesia
Suasana acara BNPT Bersama KSOP Kelas II Palembang dan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Palembang mengadakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Nomor 3 Tahun 2020 dan Asesmen Sistem Pengamanan pada Pelabuhan Boom Baru di Ruang Musi, Selasa (02/8/2022). 

General Manager Pelindo Regional 2 Palembang Imam Rahmiyadi mengatakan, Pelindo selaku Operator Pelabuhan mendukung kegiatan ini dengan bersinergi dengan KSOP sebagai Regulator Pelabuhan dan BNPT sebagai salah satu badan yang menjaga keamanan untuk mengadakan Asesmen ISPS code dan sistem pengamanan pada Pelabuhan Boom Baru.

"Sejak 1 Oktober 2021 lalu, Pelindo sudah melakukan merger salah satu fokus utama setelah melakukan merger adalah masalah keamanan dan kenyamanan di dalam lingkungan Pelabuhan karena merupakan bentuk
pelayanan untuk pengguna Pelabuhan, Pelindo merupakan salah satu Objek Vital Nasional, kami dibawah koordinasi KSOP terus menerus melakukan asesmen ISPS Code dengan stakeholder keamanan,” kata Imam Rahmiyadi.

Sambutan dilanjutkan oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran & Otoritas Pelabuhan Kelas II Palembang Letkol Mar Triyanto, Pelabuhan merupakan Objek Vital Nasional strategis yang diperlukan suatu sistem untuk keamanan, di Pelabuhan sudah diberlakukan ISPS Code sejak tahun 2005 tetapi perlu diyakinkan kegiatan ini bukan sekadar kegiatan yg sifatnya biasa atau seremonial.

ISPS Code diberlakukan untuk dilakukan pengamanan kapal yang ada di dermaga.

Suasana acara BNPT Bersama KSOP Kelas II Palembang
Suasana acara BNPT Bersama KSOP Kelas II Palembang dan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Palembang mengadakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Nomor 3 Tahun 2020 dan Asesmen Sistem Pengamanan pada Pelabuhan Boom Baru di Ruang Musi, Selasa (02/8/2022). 

Pelatihan dilakukan dengan mempertimbangkan keamanan yang ada di kapal dan mari sama
sama mengantisipasi ancaman bahaya yang memantau kita, saya harapkan bapak dan ibu
menyimak apa saja yang menjadi atensi di Pelabuhan kita supaya Pelabuhan menjadi tempat yg
aman untuk melakukan transaksi, jika ada ancaman sudah pasti kegiatan perekonomian
terganggu.

Kemudian sambutan ditutup oleh Direktur Perlindungan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Brigjen Pol Drs Imam Margono, dalam kesempatan sosialisasi ini tentunya akan disampaikam pemahaman yang berkaitan dengan tindak pidana terorisme yang terlihat, dari BNPT mengkhususkan peran asesmen ini terhadap tindak pidana terorisme.

Objek yang dikelola saat ini yaitu Pelabuhan pastinya sudah melakukan self assestment keamanan sebelumnya.

Pelabuhan saat ini telah menjadi Objek Vital Nasional sehingga mempunyai potensi dari tindak terorisme.

Diharapkan dengan diadakannya sosialisasi dan asesmen ini para pekerja dilingkungan Pelabuhan maupun perusahaan pemilik TERSUS dan TUKS mendapatkan wawasan pengetahuan tentang ancaman terorisme dan dapat mencegah potensi tindak pidana terorisme yang terlihat.

Jangan lupa subscribe, like dan share channel TikTok Sriwijayapost di bawah ini:

Logo TikTok Sripoku.com
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved