MUSUH No 1 Beruang Merah, Vladimir Putin Mobilisasi Kapal Perang Siap Perang dengan Amerika-NATO

Salah satunya adalah pemasangan rudal canggih Zircon yang diklaim 9 kali kecepatan suara.

Editor: Wiedarto
© Ministry of Defence of the Russian Federation/TASS
Ujicoba Rudal Jelajah Hipersonik Zircon oleh Rusia untuk menghadapi musuh No 1, Amerika Serikat dan NATO. 

SRIPOKU.COM, MOSKWA--Presiden Rusia Vladimir Putin akhirnya menetapkan Amerika Serikat dan NATO sebagai ancaman terbesar Negara Beruang Merah. AS dan NATO dicap sebagai musuh No 1 bagi Rusia.

Vladimir Putin perintahkan mobilisasi kapal perang Rusia. Salah satunya adalah pemasangan rudal canggih Zircon yang diklaim 9 kali kecepatan suara.

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Minggu (31/7/2022) memberikan persetujuannya terhadap doktrin maritim Rusia yang direvisi dengan memperhitungkan perubahan dalam situasi geopolitik dan militer strategis di dunia.

Doktrin maritim Rusia terbaru diketahui menempatkan Amerika Serikat (AS) dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara alias NATO sebagai ancaman besar bagi negeri Beruang Merah. Hal ini antara lain dilandaskan pada gencarnya upaya AS mendominasi samudera dunia dan meningkatnya aktivitas NATO guna membatasi akses Rusia ke dunia internasional.


Dilansir dari Russia Today (RT), Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani doktrin maritim Rusia terbaru di Museum Negara Sejarah St. Petersburg di Benteng Peter dan Paul, tepat sebelum dimulainya parade Hari Angkatan Laut. Selanjutnya, doktrin baru yang terdiri atas 55 halaman itu diunggah pada portal informasi hukum Pemerintah Rusia.

Dokumen menetapkan pembangunan industri pembangunan kapal-kapal besar di Timur jauh. Secara khusus untuk pembangunan kapal pengangkut pesawat tempur. Menurut doktrin maritim baru, mobilisasi infrastruktur militer NATO mendekati perbatasan Rusia adalah sesuatu yang tidak bisa diterima bagi Kremlin.

Dalam pidato singkatnya, dia berjanji bahwa rudal jelajah hipersonik Zircon memiliki kekuatan militer untuk mengalahkan para aggressor potensial. Mobilisasi Zircon ke kapal tempur Rusia, Admiral Gorshkov, akan dimulai dalam beberapa bulan ke depan. Lokasi penugasan kapal bergantung pada kepentingan nasional Rusia.

"Kuncinya dalam hal ini adalah kapabilitas Angkatan Laut Rusia, yakni mampu merespon dengan kilat kepada siapa saja yang memutuskan melanggar kedaulatan dan kebebasan kita” kata Putin.

Mobilisasi Zircon ke kapal tempur Rusia, Admiral Gorshkov, disebut akan dimulai dalam beberapa bulan ke depan. Senjata hipersonik ini dapat meluncur sembilan kali kecepatan suara. Dalam beberapa tahun terakhir, Rusia dilaporkan telah melakukan sejumlah uji coba Zircon dari kapal perang dan kapal selam.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved