Breaking News:

KAPAL Induk Nuklir Amerika Bergerak ke Laut China Usai Reaksi Keras Beijing Tolak Ketua DPR AS

Sebuah kapal induk bertenaga nuklir AS beserta gugus tempurnya berlayar kembali ke Laut China Selatan dari Singapura.

Editor: Wiedarto
(NAVY OFFICE OF INFORMATION/ERWIN JACOB V MICIANO via AFP)
Kapal induk Amerika Serikat USS Ronald Reagan (kiri) dan kapal perang amfibi USS Boxer beserta kapal-kapal lainnya dalam latihan di Laut China Selatan pada 6 Oktober 2019. 

SRIPOKU.COM, SINGAPURA--Ketegangan antara Washington dan Beijing semakin memanas. Terkini, reaksi keras Beijing yang menolak kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan direspon Amerika Serikat.

Sebuah kapal induk bertenaga nuklir AS beserta gugus tempurnya berlayar kembali ke Laut China Selatan dari Singapura setelah mendapat perintah. Kapal induk USS Ronald Reagan tersebut kembali ke Laut China Selatan setelah ketegangan meningkat antara Washington dengan Beijing terkait kemungkinan rencana kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.


Para perwira di Armada Ketujuh Angkatan Laut AS mengonfirmasi perintah kepada kapal induk USS Ronald Reagan kembali ke Laut China Selatan.
Namun, mereka tidak menanggapi permintaaan komentar mengenai pertanyaan ketegangan ihwal kemungkinan kunjungan Pelosi ke Taiwan, sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (28/7/2022).

“USS Ronald Reagan beserta gugus tempurnya sedang berlayar, beroperasi di Laut China Selatan setelah kunjungan pelabuhan yang sukses ke Singapura,” kata Komodor Hayley Sims dalam sebuah pernyataan kepada Reuters.

Sims menambahkan, USS Ronald Reagan melanjutkan operasi normal dan terjadwal sebagai bagian dari patroli rutinnya untuk mendukung Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Kabar tentang pelayaran kapal induk yang berbasis di Jepang itu muncul saat ketegangan antara Beijing dan Washington meningkat mengenai kemungkinan kunjungan Pelosi.

Pelosi dikabarkan akan mengunjungi Taiwan bulan depan, setelah sempat tertunda pada awal tahun ini. Pelosi belum mengkonfirmasi kemungkinan perjalanan tersebut. Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan pada Rabu (27/7/2022) bahwa dia telah berbicara dengan Pelosi dan memberinya penilaian keamanan. Ketegangan mengenai Taiwan diperkirakan akan dibahas ketika Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping mengadakan panggilan telepon, yang kemungkinan berlangsung secepatnya.


Pada Senin (25/7/2022), China telah mengeluarkan peringatan keras kepada AS tentang kemungkinan kunjungan Pelosi ke Taiwan. Beijing menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya dan tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk membawa pulau itu di bawah kendalinya.

Kapal induk USS Ronald Reagan beserta gugus tempurnya telah beroperasi di Laut China Selatan awal bulan ini sebelum berlabuh di Singapura selama lima hari.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved