Berita Nasional

Program Kartu Prakerja Gelombang 37 Dibuka, Ini Syarat dan Cara Pendaftaran

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menghimbau, masyarakat yang masih mencari pekerjaan atau baru lulus sekolah maupun kuliah

Editor: bodok
SRIPOKU.COM/Biro Klip Kemenko Perekonomian
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. 

SRIPOKU.COM, BALI - Pendaftaran Program Kartu Prakerja gelombang 37 resmi dibuka pada Minggu (18/7/2022) lalu.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menghimbau, masyarakat yang masih mencari pekerjaan atau baru lulus sekolah maupun kuliah, sangat diharapkan bisa bergabung dalam program Kartu Prakerja gelombang 37.

Airlangga menuturkan, Kartu Prakerja menjadi salah satu program andalan pemerintah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan masyarakat untuk memasuki dunia kerja dan usaha.

"Silakan bagi masyarakat bergabung dalam program Kartu Prakerja, manfaatkan sebaik-baiknya untuk menambah skill, wawasan, serta jejaring dalam berusaha,” tutur Airlangga dalam keterangan, Selasa (19/7/2022) kemarin.

Ketua Umum Partai Golkar ini menambahkan, siapapun bisa mendaftar Program Kartu Prakerja asal memenuhi persyaratan.

Airlangga memastikan, persyaratan Kartu Prakerja tidak akan memberatkan calon peserta.

Pertemuan Airlangga Hartarto dengan American Chambers of Commerce in Indonesia, Ini Mereka Membahas

Terbukti, sejak pertama kali program ini diluncurkan hingga April 2022, jumlah pendaftar Kartu Prakerja sudah melebihi 86 juta orang.

“Pada 2020 dan 2021, jumlah peserta yang diterima dalam Program Kartu Prakerja sebanyak 11,4 juta orang. Jumlah ini bakal terus bertambah pada 2022,” tegas Airlangga.

Airlangga menambahkan, Kartu Prakerja juga mendapat apresiasi dari peserta maupun lembaga independen di dalam negeri maupun luar negeri.

Berdasarkan survei Badan Pusat Statistik (BPS) pada Februari, 84,18 persen peserta mengaku Kartu Prakerja dapat meningkatkan ketrampilan kerja.

“Ini merupakan capaian positif, dan pemerintah berkomitmen untuk terus menyediakan program peningkatan skill seperti ini untuk mengakselerasi kemampuan SDM nasional. Ini sesuai dengan Visi Indonesia Emas 2045,” tegas Airlangga Hartarto.

Calon peserta yang memenuhi persyaratan bisa langsung melakukan pendaftaran ke laman www.prakerja.go.id. Syarat-syaratnya:

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Berusia lebih dari 18 tahun

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved