Berita Palembang

Masuk Mall Wajib Vaksin Booster Belum Berlaku di Sumsel, Tunggu Surat Edaran

Pemerintah mengeluarkan kebijakan baru mengenai aturan Masuk mall wajib Vaksin Booster.

Editor: Odi Aria
Tribunsumsel.com/Hartati
Masuk mal kini wajib sudah harus vaksin booster, kebijakan ini seharusnya sudah berlaku mulai kemarin namun belum ditetapkan di Sumsel karena pengelola mal masih menunggu surat putusan dari pemerintah daerah. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pemerintah mengeluarkan kebijakan baru mengenai aturan Masuk mall wajib Vaksin Booster.

Selain mall, masyarakat juga wajib menunjukkan Vaksin Booster masuk tempat umum lainnya.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga telah menerbitkan aturan mengenai persyaratan vaksinasi booster untuk kegiatan masyarakat.

Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Mendagri Nomor 440/3917/SJ tentang Percepatan Vaksinasi Dosis Lanjutan (booster) Bagi Masyarakat.

Meski aturan ini harusnya sudah berlaku sejak kemarin namun pelaksanaanya di Sumsel belum diterapkan karena pengelola mal masih menunggu surat putusan dari kepala daerah setempat atau menunggu surat edaran walikota dan bupati di masing-masing daerah.

Pengelola mal juga tetap menerapkan prokes ketat saat masuk mal dengan tetap wajib scan aplikasi pedulilindungi, menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan.

"Kita pengelola mal siap mendukung program pemerintah menekan angka penyebaran Covid-19 dengan menerapkan kebijakan wajib booster ini namun masih menunggu edaran kepala daerah," ujar General Manager OPI Mal Jakabaring, Agus Ekawani, Senin (18/7/2022).

Agus yang juga Wakil Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja (APPBI) Sumatera Selatan Sumsel Agus Ekawani mengatakan OPI Mall masih tetap melaksanakan kegiatan vaksin booster bekerja sama dgn pemerintah Banyuasin dan Polri agar capaian tingkat vaksinasi booster masyarakat makin tinggi dan makin aman.

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (SE Mendagri) Nomor 440/3927/SJ tentang Percepatan Vaksinasi Dosis Lanjutan (Booster) Bagi Masyarakat, pengunjung pusat perbelanjaan/mall kini harus sudah mendapatkan vaksin dosis ketiga (booster).

SE Mendagri tersebut diteken pada Senin (11/7/2022) oleh Mendagri Muhammad Tito Karnavian.

"Kepada bupati atau wali kota, mewajibkan vaksinasi booster sebagai persyaratan untuk memasuki fasilitas publik atau fasilitas umum, antara lain perkantoran, pabrik, taman umum, tempat wisata, lokasi seni dan budaya, restoran atau rumah makan, kafe, pusat perbelanjaan atau mal serta pusat perdagangan, dan area publik lainnya," demikian bunyi poin B surat edaran tersebut.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved