Berita Prabumulih

Akhir Tahun 2022 Flyover Patih Galung Prabumulih Bisa Dilewati Kendaraan, Ini Penampakannya

Progres penyelesaian proyek Flyover Patih Galung yang menggunakan dana pusat tersebut ditargetkan akan selesai pada akhir November 2022 mendatang.

Editor: Odi Aria
Tribunsumsel.com/Edison Bastari
Suasana proyek Flyover Patih Galung Kecamatan Prabumulih Barat kota Prabumulih, kamis (30/6/2022) 

SRIPOKU.COM, PRABUMULIH - Pembangunan Flyover Patih Galung di Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Patih Galung Kecamatan Prabumulih Barat Kota Prabumulih,  telah mencapai 73,02 persen, Jumat (1/7/2022).

Progres penyelesaian proyek Flyover Patih Galung yang menggunakan dana pusat tersebut ditargetkan akan selesai pada akhir November 2022 mendatang.

"Progres paket pembangunan Flyover Patih Galung per 29 Juni 2022 sudah mencapai 73,02 persen.

Jadi rencana kita 68,61 persen ada deviasi plus sekitar 4 persen lebih," ungkap PPK 3.3 Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) V wilayah Sumsel, Surya Perdana saat diwawancarai sejumlah wartawan di lokasi pembangunan flyover Patih Galung, Kamis (30/6/2022).

Surya menjelaskan, dalam tahap pengerjaan proyek Flyover Patih Galung saat ini pihaknya tengah melakukan penyetingan stressing, serta grouting balok yang terbentang tepat diatas jalur rel kereta api.

"Adapun pengejaran yang sudah dilakukan sekarang ini kami sedang melakukan proses setting stressing kemudian grouting balok girder yang dibentang utama yang berada pas diatas rel kereta," jelasnya.

Pembangunan Flyover Patih Galung merupakan kegiatan pendukung konektivitas nasional untuk meningkatkan kelancaran distribusi barang dan jasa, demi meningkatkan kinerja sistem logistik nasional di Sumsel.

"Beberapa hal juga yang perlu kami informasikan juga bahwa untuk tahap pengangkatan tersebut kita juga butuh koordinasi dengan PT KAI, karena mereka yang punya kereta.

Dan hal tersebut sudah kami surati PT KAI dan kami selalu didampingi PT KAI saat mengangkat girder di atas kereta," terangnya.

Surya menambahkan, pihaknya sangat optimis progres pembangunan flyover Patih Galung tersebut akan selesai tepat waktu atau sesuai target yang telah ditentukan yakni pada akhir November 2022 mendatang.

"Untuk pekerjaan yang tersisa, selain menyetting balok tersebut, kita masih ada satu bentang lagi yaitu bentang abutmen satu, dimana untuk pengangkatan dilakukan setelah balok yang diatas rel kereta telah diangkat terlebih dahulu," tambahnya.

Disinggung apa kendala dihadapi saat pengerjaan, Surya mengatakan tidak ada kendala berarti hanya masalah koordinasi dengan PT KAI dan pihaknya melakukan pengangkatan gerder dengan pihak PT KAI.

"Setiap pekerjaan itu pasti ada kendala, untuk kendala kita pertama yakni waktu kita untuk mengangkat girder di atas rel dimana kereta api disini hampir 20 menit sekali lewat sehingga ini butuh koordinasi dengan PT KAI.

Karena untuk mengangkat girder diatas rel kereta api itu tidak bisa kita lakukan tanpa koordinasi PT KAI tapi itu bukan kendala," bebernya.

Kendala kedua kata Surya yakni cuaca dimana jika hujan maka jalur atau akses sementara dibawah fly over kondisi tanahnya tidak padat membuat perlu perlu material namun itu sudah ditanggulangi.

"Kalau kami insyaallah taget kami di akhir november selesai, untuk masalah kendala tidak akan menghambat karena kita selalu mencari solusinya," bebernya.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved