CARA Beli BBM Pakai Aplikasi My Pertamina di SPBU, Solusi Bagi Pelanggan Bila tak Membawa Uang Cash

Pasalnya, PT Pertamina kini memberikan solusi bila seandainya Anda lupa membawa uang cash saat hendak membayar BBM kendaraan Anda

Penulis: Rahmaliyah | Editor: Sudarwan
SRIPOKU.COM/MERRY LESTARI
Antrean panjang di jalur BBM Pertalite SPBU Palembang, pasalnya warga kini memilih pindah dari Pertamax ke Pertalite dengan alasan bisa menghemat uang, Rabu (22/6/2022). PT Pertamina kini menyediakan aplikasi My Pertamina untuk pelanggan yang ingin membeli BBM tapi tak punya uang cash. 

SRIPOKU.COM - Kemajuan teknologi memberikan dampak positif untuk layanan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) dari PT Pertamina (Persero), lewat aplikasi My Pertamina.

PT Pertamina memberikan solusi bagi pelanggan yang lupa membawa uang cash saat hendak membayar BBM. Caranya cukup instal My Pertamina di smartphone.

Dengan menggunakan My Pertamina, pelanggan cukup scan QR Kode untuk pembayaran BBM.

Antrean panjang di jalur BBM Pertalite SPBU Palembang, pasalnya warga kini memilih pindah dari Pertamax ke Pertalite dengan alasan bisa menghemat uang, Rabu (22/6/2022)
Antrean panjang di jalur BBM Pertalite SPBU Palembang, pasalnya warga kini memilih pindah dari Pertamax ke Pertalite dengan alasan bisa menghemat uang, Rabu (22/6/2022) (SRIPOKU.COM/MERRY LESTARI)

Berikut ini tata cara penggunaan aplikasi My Pertamina.

  1. Pastikan jarak antara motor dengan pulau Pompa (mesin pengisian bahan bakar) adalah sejauh 1,5 Meter
  2. Pengendara dipersilakan turun dari kendaraan kemudian berdiri di tanda yang telah disediakan, beseberangan dengan operator SPBU Pertamina
  3. Operator SPBU Pertamina akan memberitahukan jika posisi kendaraan sudah aman
  4. Pastikan aplikasi My Pertamina sudah terpasang di ponsel Anda dan terhubung dengan akun LinkAja
  5. Lakukan pengisian BBM untuk motor/kendaraan Anda
  6. Silakan meminta QR Code pembayaran dari operator SPBU Pertamina
  7. Pilih Bayar pada aplikasi My Pertamina
  8. Scan QR Code yang diberikan oleh operator SPBU Pertamina
  9. Tunggu bukti pembayaran muncul dan status dinyatakan berhasil

Baca juga: Tak Perlu Khawatir Kehabisan Bensin di Jalan, Ini Daftar Hingga Lokasi SPBU di Kecamatan Ilir Timur

Baca juga: Seperti Momong Anak, Petugas SPBU Ini Viral Bawa Kucingnya di Kantong Saku Baju saat Sedang Bekerja

Seperti diketahui, selain Solar, kini Pertalite juga sudah ditetapkan dalam kategori bahan bakar minyak (BBM) khusus penugasan atau bersubsidi. Dengan demikian harganya diatur oleh pemerintah.

Pengaturan pembelian Pertalite dimaksud agar bisa tepat sasaran. Karena nantinya, mobil yang masuk dalam kategori mewah tak diperbolehkan membeli BBM jenis RON 90 tersebut.

Dengan pembelian melalui aplikasi, Pertalite akan terdata dan bisa dibatasi. Pelanggan diminta mengisi data di MyPertamina, kemudian akan diverifikasi pihak BPH Migas untuk memastikan bila pembelinya merupakan konsumen yang berhak.

Meski masih menggodok petunjuk teknisnya, namun wacana pemerintah mengatur pembelian Pertalite dan Solar menggunakan aplikasi MyPertamina rupanya akan segera dilakukan.

 

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved