Berita OKUS

Manfaatkan Pekarangan Kosong, Ibu Bhayangkari Ranting Simpang Martapura Tanam Terong Minyak

Tanaman buah sayuran jenis terong minyak dihasilkan dari Kebun Pekarangan Pangan Lestari di Polsek Kecamatan Simpang OKU Selatan

Penulis: Alan Nopriansyah | Editor: bodok
SRIPOKU.COM/Alan Nopriansyah
Ibu-ibu Bhayangkari Ranting Simpang Martapura melakukan panen terong minyak di tahun 2022 ini, Rabu (22/6/2022). 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Alan Nopriansyah

SRIPOKU.COM, MUARADUA - Untuk panen kali kedua ibu Bhayangkari Ranting Simpang Martapura melakukan panen terong minyak di tahun 2022 ini.

Tanaman buah sayuran jenis terong minyak dihasilkan dari Kebun Pekarangan Pangan Lestari di Polsek Kecamatan Simpang OKU Selatan, dilakukan oleh pengrajin ibu Bhayangkari Ranting Simpang Martapura.

Ketua Ranting Polsek Simpang Susi Herawati Azwan mengatakan, jika pekarangan dimanfaatkan di pekarangan kosong, untuk dijadikan kebun tanaman termasuk sayur mayur.

Menurutnya, pemanfaatan lahan kosong ini dapat menjadi contoh baik dalam produk pertanian.

"Alhamdulillah, untuk hasil panen kedua kali ini juga cukup lumayan. Dari hampir sekitar 1/4 hektar kebun ini, biasanya kita bisa dapatkan sampai sekitar 800 kg terong," ungkap Susi, Rabu (22/6/2022).

Pekarangan Pangan Lestari sudah banyak menghasilkan berbagai macam tanaman pangan. sebelumnya menghasilkan jagung, pepaya california dan cabai.

Disela-sela tanaman tersebut, juga berisikan tanaman-tanaman seperti kunyit, serai, jahe dan beberapa tanaman obat lainya.

"Untuk terong yang baru kita panen ini, pembibitan kita lakukan sejak februari lalu. Berjarak 3-4 bulan sudah panen," ungkapnya.

Hasil inipun, dibagi secara rata pada seluruh peserta ibu bhayangkari untuk langsung dimanfaatkan untuk kebutuhan dapur rumah tangga masing-masing.

"Nah, sebagiannya lagi dijual. Uang hasil penjualan panen, sebagian untuk bayar pengurus kebun, sebagian lagi masuk kas pengurus untuk diputar lagi keperluan seperti pembelian bibit-bibit baru dan sebagainya," tandasnya.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved